alexametrics

IIDI Rembang Berikan Asupan Gizi ke Anak

Komitmen Ikut Entaskan Stunting di Kota Garam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Rembang – Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI) Rembang ikut andil dalam menekan angka stunting di Kota Garam. Mulai pemberian semangat motivasi hingga memberikan asupan gizi kepada balita.

Salah satu kegiatan IIDI Rembang melaksanakan program pengentasan stunting di Balai Desa Kabongan Kidul, Rembang, kemarin. Lokasinya tak jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Soetrasno.  IIDI, Dharma Wanita, dan RSUD bersinergi dalam mensosialisasikan tentang stunting di masa Covid-19.

“Target kami gizi anak tercukupi keseluruhannya mencapai generasi emas 2045. PR besar kami yang tidak bisa ditinggalkan,” kata Ketua IIDI Rembang Sitta Chirana.

Melalui kader Posyandu, lanjut Sitta, mereka orang-orang yang patut diberi apresiasi. Bulan ini, ia bersama tim sudah memiliki even bertajuk “Road Show Posyandu to Posyandu Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat”.

Baca juga:  Pelatihan Pengembangan Usaha di Masa Pandemi

Dalam tour itu, titik-titik Posyandu sudah disuplai tambahan gizi untuk balita, lansia, dan ibu hamil.  Dampak-dampak dari Covid-19 juga dipikirkan. Misalnya,  ada orang tua yang penghasilannya berkurang disebabkan pandemi korona. Maka, pihaknya berkomitmen agar bagaimana caranya asupan gizi orang tua kepada anak-anak tetap tercukupi. ”Ini akan berkelanjutan sampai Desember,” ujarnya.

Ditargetkan asupan gizi bisa dinikmati 200 balita, 20 lansia, 60 kader posyandu, dan 10 ibu hamil yang berada di ring 1 RSUD dr R Soetrasno.  Asupan gizi itu berupa telur dan kacang hijau. Juga ada edukasi jajan sehat untuk anak.  ”Jadi program Germasnya kami gempur,” katanya.

Pertemuan bersama para kader Posyandu di Balai Desa Kabongan Kidul belum lama ini juga berlangsung seru. Tak melulu tentang materi. Beberapa momen kegiatan diselingi tarian. Yang gerakannya diciptakan oleh Sitta sendiri. Lagu Manusia Kuat yang dibawakan penyanyi ternama Tulus itu mengiringi gerakan-gerakan ceria. Berdiri mengangkat tangan sambil mengepal. Dan menggerakkannya dengan enerjik. ”Gerakan itu saya ciptakan untuk motivasi supaya mereka tetap semangat. Namun itu jargon kami. Kami tetap optimistis, kami bertahan dan tahu pandemi ini akan selesai,” tegasnya. (vah/aro/bas)

Baca juga:  Mustain: Jangan Tonjolkan Ego Sektoral

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya