alexametrics

Unimus Tambah 1.090 Lulusan Baru

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) kini meluluskan 1.090 wisudawan secara daring. Meski begitu, tetap menghadirkan dua wisudawan sebagai simbolis.

Sedangkan ribuan wisudawan terdiri atas 115 lulusan profesi (perawat dan dokter), 481 lulusan program sarjana, 243 lulusan program diploma IV dan 251 lulusan program diploma III. Mereka dinyatakan lulus dalam rapat senat terbuka wisuda ke-33, yang dipusatkan di aula gedung RSGM Unimus, Selasa (27/10/2020).

“Dari 1.090 wisudawan ada 15 wisudawan dari 15 program studi yang berprestasi dengan indeks prestasi paling tinggi pada program studinya sehingga mereka terpilih sebagai wisudawan terbaik,” kata Wakil Rektor I Bidang Akademik Unimus Dr Budi Santosa dalam laporannya.

Baca juga:  Tak Kuat Nanjak, Truk Muatan Brangkal Terguling

Dengan bertambahnya jumlah lulusan tersebut, ia menyebutkan, sampai dengan saat ini Unimus telah meluluskan sebanyak 13.792 orang. Adapun dua lulusan yang mendapatkan kesempatan mewakili para lulusan adalah Ari Susanti dari sarjana teknik, yang juga atlet nasional panjat tebing dan Rayhan Salim Rachmansyah dari sarjana kedokteran.

Dalam kegiatan itu, ditayangkan video virtual sambutan dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Haedar Nashir dan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Prof Dr DYP Sugiharto.

Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi menyampaikan, Unimus senantiasa menjaga mutu keunggulannya. Terbukti, saat ini Unimus telah memiliki tingkat kesejajaran reputasi dengan perguruan tinggi di Indonesia pada peringkat ke-61 universitas terbaik di Indonesia dari 578 perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Baca juga:  Satpol PP Dapat Suntikan Anggaran Penanganan Covid

Bahkan, lanjutnya, sebagaimana perankingan University Rank (UniRank) Unimus menempati peringkat ke-9 Universitas Islam terbaik di Indonesia, sekaligus peringkat ke-26 Perguruan Tinggi Islam terbaik di dunia. “Sekaligus peringkat ke-10 perguruan tinggi terbaik di Jateng serta peringkat ke-8 perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia di bidang kemahasiswaan,” sebutnya.

Namun demikian, ia berpesan, para wisudawan jangan cepat puas dengan capaian yang diperoleh saat ini. Mereka akan memasuki universitas kehidupan dan harus siap bersaing dalam kancah regional dan internasional. Apalagi dalam masa revolusi industri 4.0 yang penuh dengan ketidakpastian, pancaroba politik, pancaroba perdagangan dunia dan pancaroba paradigma di berbagai bidang terutama di masa pandemi ini. “Lulusan Unimus harus siap menjadi kader-kader da’wah Islam yang mencerahkan dan ikut berkontribusi bagi pembangunan masyarakat Indonesia yang maju,” pesannya. (jks/bis/ida/bas)

Baca juga:  Harapkan Raperda Pilkades Hasilkan Pemimpin Berkualitas

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya