alexametrics

FE Unissula Asah Skill Emak-Emak Bangun Usaha Kreatif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Tim pengabdian Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung (FE Unissula) menyelenggarakan pelatihan usaha kreatif bagi para emak-emak. Kegiatan dilaksanakan di Kelurahan Bangunharjo, Semarang (11/10/2020).

Mereka adalah Naila Najihah SE MSc, Mutoharoh SE MSc dan Dr Zainal Alim Adiwijaya SE MSi. Menurut Mutoharoh, dengan mengikuti pelatihan, diharapkan para ibu rumah tangga dapat berperan aktif dalam mengatasi masalah ekonomi dan mendukung peningkatan ekonomi keluarga. Terlebih di masa pandemi ini.

Menurutnya, tren ibu rumah tangga yang produktif dan tetap berpenghasilan saat ini semakin meningkat. Banyak ibu rumah tangga yang membuat usaha untuk meningkatkan pendapatan rumah tangganya. Namun, persaingan usaha yang semakin meningkat saat ini menuntut kreativitas yang lebih.

Baca juga:  Pelanggan PGN Bertambah, Dongkrak Perekonomian

“Untuk itu, tim pengabdian FE Unissula yang bekerja sama dengan ruang belajar, memberikan pelatihan pembuatan motif kain atau teknik pewarnaan kain Shibori,” ungkap Mutoharoh.

Pelatihan ini memberikan keterampilan bagi ibu rumah tangga untuk dapat berkreasi membuat jilbab, pakaian ataupun aksesoris dari kain dengan motif yang unik dan menarik.

Teknik pewarnaan kain Shibori sendiri, saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat. Karena dianggap sebagai motif yang unik. Beberapa designer Indonesia juga telah menggunakan teknik pewarnaan kain ini dalam produk-produk yang ditawarkan.

Pelatihan mendapat sambutan antusias dari para peserta. Mereka merasakan manfaat dari pelatihan ini dan berharap dapat menggunakan keterampilan yang didapat sebagai modal awal untuk membangun usaha rumahan.

Baca juga:  Ribuan Gamers Bersaing dari Rumah

Beberapa dari peserta bahkan berniat untuk langsung menjual hasil pelatihan berupa jilbab dan tertarik untuk memproduksi lebih banyak lagi. Melihat respon yang sangat baik ini, tim pengabdian FE Unissula akan terus melakukan pendampingan kepada peserta pelatihan. Sehingga tujuan utama dari program pengabdian ini dapat terwujud. (tri/zal/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya