alexametrics

Nurul Doktor Kesehatan Termuda

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Universitas 17 Agustus (Untag) Semarang menetapkan Nurul Ummi Rofiah, lulus sebagai doktor termuda dengan Indeks Prestasi (IP) 3,67 atau sangat memuaskan. Mahasiswi Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) kosentrasi kesehatan itu menjadi satu-satunya lulusan doktor di bidang Hukum Kesehatan Untag Semarang.

Mahasiswi PDIH angkatan ketiga ini tercatat sebagai lulusan doktor ke-16 Untag, di usianya yang masih menginjak 28 tahun. Wanita kelahiran Pati, 25 Mei 1992 itu, dinyatakan lulus setelah mengikuti ujian terbuka di kampus Untag, Jalan Pemuda Semarang, Kamis (15/10/2020).

Dalam sidang terbuka yang dipimpin Prof Dr Edy Lisdiyono, Nurul hadir didampingi kedua orang tuanya, Sukarlan dan Mardini serta suaminya, KRAT Muamar Abdurrahman. Adapun judul disertasinya adalah “Model perlindungan hukum yang berkeadilan terhadap pasien filariasis, dalam upaya penanggulangan penyakit menular.

Ditemui usai sidang, Nurul mengaku mendapatkan gelar doktor itu bukan dari diri sendiri. Melainkan dari dorongan orang tua. Tepat saat itu sedang wisuda S2 Ilmu Hukum, kemudian orang tuanya bertemu dengan dosen yang menyarankan Nurul melanjutkan S3. Padahal, Nurul sedang ingin istirahat setelah meraih gelar magister. “Saya kuliah sampai S3 itu tidak mencari apa-apa. Saya S3 juga disuruh orang tua. Jadi, tujuan saya ya menyenangkan orang tua dan keluarga,” kata Nurul.

Baca juga:  Bank bjb Raih Penghargaan Kelola LHKPN Terbaik

Namun demikian, sekalipun bukan dari niat pribadi, Nurul tetap berjuang mati-matian. Terbukti, dia mampu menyelesaikan seluruh perkuliahan lebih cepat yaitu 3 tahun 6 bulan. “Kelulusan S3 dalam sidang terbuka ini, menjadi kado untuk ayah yang berulang tahun ke-57,” ujarnya.

Nurul sendiri lulus di bawah bimbingan promotor Prof Dr Sarsintorini Putra dan Dr Anggraeni Endah K selaku Ko-Promotor. “Kami harap keilmuan yang didapatkan ini, mampu digunakan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara,” imbuh Dekan Fakultas Hukum Untag Prof Dr Edy Lisdiyono. (jks/ida/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya