alexametrics

Pelanggan Biznet Naik 30 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Imbas penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), jumlah pelanggan Biznet segmen retail atau rumahan justru mengalami peningkatan. Tercatat, pelanggan biznet meningkat sebesar 30 persen.

Regional Manager Biznet Jawa Tengah Natalia Dewi mengatakan, semenjak pandemi Covid-19 diberlakukan, kenaikan mulai dirasakan. Terutama di wilayah yang menerapkan WFH dan pembelajaran daring. Semarang menjadi salah satu penyumbang kenaikan trafik.

“Itu berlaku dari awal pandemi datang hingga sekarang. Ketika pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan segala aktivitas berbasis online seperti bekerja, sekolah, dan berbagai aktivitas lain,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (28/9/2020).

Natalia mengatakan, pemicu kenaikan trafik PJJ mulai dirasakan sejak April. Saat ini sedang gencar-gencarnya pembelajaran jarak jauh. Alhasil, orang tua sengaja memasang provider daripada menghabiskan kuota terlalu banyak. Mereka beranggapan lebih baik memasang wifi yang dinilainya lebih hemat.

Baca juga:  Data Rapid Test Penting untuk Melokalisir Paparan Covid

“Kalau di perkuliahan ada webinar dan zoom. Tentunya memang itu butuh kuota banyak. Kapasitas bandwidth turut kami tambah menjadi 150 mbps,” imbuhnya.

Tak melulu pada sektor rumahan, sektor perusahaan turut pula menyumbang kenaikan. Kegiatan teleconference, dan rapat perusahaan menjadi yang paling sering mereka lakukan. Perusahaan banyak yang beralih kepada rapat virtual. “Kalau rapat dan seminar memang membutuhkan waktu berjam-jam. Jadi fasilitas kantor mereka tambah untuk menunjang pekerjaan mereka yang butuh konsentrasi,” sambungnya.

Kendati mengalami peningkatan, manajemen tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan mematikan beberapa titik Hotspot free internet di fasilitas publik. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan. Hotspot yang tetap diaktifkan hanyalah pada itu fasilitas-fasilitas vital. Misalnya rumah sakit, dan beberapa tempat yang memerlukan jaringan internet untuk tetap beroperasi. “Dari 2.000 hotspot biznet, beberapa diantaranya telah dimatikan untuk menghindari kerumunan warga,” paparnya. (avi/ida/bas)

Baca juga:  BCA Kenalkan Budaya Wayang Sejak Dini

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya