alexametrics

Pelaksanaan TMMD Sendang Kulon Terkendala Air

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Kendal Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) regular ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, terkendala ketersediaan air.

Kebutuhan air dianggap sangat vital karena untuk menunjang sejumlah pekerjaan fisik. Kesulitan air dirasakan jajaran Kodim 0715 dan Korem 073 Makutarama saat melakukan pembangunan di Kecamatan Kangkung tersebut.

“Wilaycah ini memang minim air. Terlebih saat ini puncak musim kemarau. Sehingga air jadi masalah utama,” kata Danramil  Cepiring  Kapten Cpl Esti Purwanto kemarin (13/9/2020).

Saat ini anggota TNI dan warga berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan fisik yang sudah diprogramkan di TMMD. Salah satunya memanfaatkan potensi mata air yang ada di sekitar lokasi TMMD.

Baca juga:  Ramaikan Kampung Wisata dengan Gerakan BISA

TMMD Reguler ke-109 Kodim Kendal di Sendang Kulon baru secara resmi akan dibuka 22 September 2020.  Sejumlah program yang akan dilaksanakan diantaranya pengecoran jalan, rehab Rumah Tidak layak Huni (RTLH), rehab total Pos Kamling dan sebagainya.

Pasiter Kodim Kendal  Kapten Inf Budi Cahyo Kurdianto mengatakan, pengecoran jalan  targetnya panjang 1,2 kilometer. Dengan lebar jalan 3 meter dan ketebalan 15 sentimeter.  “Praktis untuk pengecoran jalan, kami akan membutuhkan air dalam jumlah banyak,” katanya.

“Pekerjaan banyak ini tentu tidak dapat kami selesaikan sendiri secara cepat. Makanya kami berharap, peran serta warga. Agar penyelesaikan bisa tuntas sesuai target,” tambahnya.

Mengetahui adanya kekurangan air  beberapa warga berinisiatif untuk mencari sumber air di beberapa titik yang lokasinya tidak jauh dari pekerjaan TMMD.  “Ini tidak ada perintah, tapi kami warga berinisiatif sendiri mencari sumber mata air,” ujar Parman, 47, salah satu warga Desa Sendang Kulon.

Baca juga:  Ribuan Warga Padati Perayaan HUT Satria

Ia mengakui memang kelangkaan air saat ini juga melanda permukiman penduduk. (bud/adv/zal/bas)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya