alexametrics

Rancang Ulang Olahraga Nasional

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Jakarta – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 di GOR POPKI, Cibubur secara virtual Rabu (9/9/2020). Presiden yang akrab disapa Jokowi ini menyampaikan pidatonya dari Istana Bogor, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengatakan prestasi olahraga Indonesia belum maksimal. Menurutnya, ada kemungkinan sistem pembinaan olahraga di Indonesia ada yang salah. Jika melihat fakta yang ada di banyak multievent, pencapaian Indonesia memang masih jauh dari kata memuaskan. Bahkan, Merah Putih yang dulu begitu merajai olahraga Asia Tenggara itu sudah jarang menjadi juara umum SEA Games.

Terakhir, Merah-Putih menjadi pengumpul emas terbanyak di SEA Games terjadi pada 2011 lalu. Itupun berstatus sebagai tuan rumah. “Olahraga merupakan instrumen penting, baik untuk pendidikan karakter, nasionalisme, serta pendidikan. Untuk itu, pada perayaan Haornas ini, kita harus merancang ulang olahraga nasional,” pesan Jokowi.

Baca juga:  Isuzu Fokus Penetrasi Sektor Logistik

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali kembali mengatakan selama ini prestasi olahraga di Indonesia lebih karena by accident, bukan by design. Oleh karena itu, di masa jabatannya sebagai Menpora, ia benar-benar bakal membenahi tata kelola olahraga agar prestasi bisa diraih secara berkesinambungan.

Tema Haornas ke-37 adalah “Sport Science, Sport Tourism, Sport Industry”. Diharapkan Haornas ini menjadi momen bagi pelaku olahraga untuk berikrar menyampaikan kesiapan menjalankan pembinaan dan pengembangan olahraga dengan pemanfaatan sport science, sport tourism, dan sport industry yang maksimal dikemudian hari.

Sport science memiliki paradigma untuk meningkatkan kebugaran dan prestasi olahraga yang optimal diperlukan dukungan sport science agar prosesnya dapat berjalan dengan terstruktur dan sistematis.

Baca juga:  Siapkan 50 Wastafel di Depan Kelas

Sport tourism memiliki paradigma sebuah negara harus membangun infrastruktur wisata olahraganya agar dapat dikenal dengan tradisi dan budaya olahraga yang membedakannya dengan negara lain. Aktivitas olahraga yang dikolaborasikan dengan pariwisata, baik olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi dapat menghadirkan industri pariwisata melalui olahraga yang dapat menguatkan kualitas event olahraga dan membangkitkan perekonomian.

Sementara sport industry paradigmanya, kecintaan masyarakat untuk berolahraga dapat mengembangkan industri olahraga di masyarakat. Industri barang atau jasa di bidang olahraga dapat mendukung pembinaan olahraga dan juga menguatkan perekonomian bangsa.

Untuk mewujudkan tema Haornas 2020 Kemenpora menjalin kerja sama dengan kementerian terkait. Jumat (4/9/2020) lalu Menpora Zainudin Amali melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo di Wisma Menpora, Jakarta. Penandatanganan untuk pengembangan program kepemudaan dan keolahragaan melalui kepariwisataan dan ekonomi kreatif. Juga pengembangan sektor industri dalam bidang kepemudaan dan keolahragaan. (lis/bas)

Baca juga:  Gerai Kopi Mi Launching 100 Hari Bergerak Bersama UMKM Milenial

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya