alexametrics

Kampung Wisata Bangkitkan Kejayaan Kuliner

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Ingin membangkitkan kembali kejayaan kuliner Kota Pekalongan di bidang perikanan, Pemerintah Kota Pekalongan mencanangkan kampung wisata dan meresmikan Kuliner Siaga candi. Bertempat di halaman kawasan Technopark Perikanan Kecamatan Pekalongan Utara Jumat (4/9/2020).

Wali Kota H.M Saelany Machfudz menyatakan apresiasi atas digelarnya acara tersebut. Sebab, Kota Pekalongan memiliki potensi ekonomi di bidang perikanan dan wisata. Dengan adanya lokasi wisata tersebut, mampu mendorong lagi roda perekonomian masyarakat di tengah mewabahnya virus Covid-19. “Jika pariwisata, serta kuliner bangkit kembali, maka perekonomian pun akan turut berkembang pula,” kata Saelany senang.

Ia menambahkan, di Kecamatan Pekalongan utara tergolong sangat potensial di berbagai hal. Mulai dari segi wisata, ada Museum Batik, Pantai Pasir Kencana, Wisata Bahari, serta pantai lainnya. Dari segi potensi wisata kuliner, sudah lama jadi sentra perikanan. Bahkan kini ada technopark perikanan. Ditambah kini ada sentra kuliner olahan ikan, pasti akan bagus.

Baca juga:  PLN Dukung Perkembangan UMKM Melalui RKB

“Ke depan kita juga akan membangun wisata air terbesar dan pelabuhan onshore. Juga akan membangun pintu air besar. Ini agar perekonomian bisa terus meningkat” lanjut Saelany.

Selain wali kota hadir pula dalam acara kemarin, Wakil Wali Kota Pekalongan H. A. Afzan Arslan Djunaid, Ketua DPRD Kota Pekalongan Hj. Balgis Diab, Kapolres Pekalongan Kota serta jajaran forkompinda yang lainnya.

Pada acara kemarin, walaupun dengan protokol kesehatan yang ketat, digelar cukup meriah. Diawali senam bersama masyarakat, serta sosialisasi pencegahan virus Covid-19. Semakin seru karena ada live cooking oleh para chef dari seluruh hotel di Kota Pekalongan. Uniknya menu masakan yang disajikan dalam acara tersebut semua dari bahan dasar ikan.

Baca juga:  Optimistis Larangan Mudik Bisa Menekan Covid-19

Sementara itu, Kapolres Pekalongan Kota, AKBP Egy Andrian Suez, mengungkapkan pencanangan Program Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi ini terus dilakukan untuk mencegah laju penyebaran Covid-19. Sebab, wisata di Kota Pekalongan salah satu pusatnya ada di kawasan perikanan Technopark Pesisir ini dari mulai kuliner, wisata pantai, budaya dan sebagainya. “Tentunya pelaksanaan kegiatan ini mengedepankan protokol kesehatan yang sudah dicanangkan pemerintah, agar tidak semakin mewabah,” tutur kapolres.

Egy berharap dengan diresmikannya Kampung Wisata dan Kuliner Siaga Candi ini perkembangan virus Covid-19 di Kota Pekalongan bisa semakin ditangkal sekaligus mendukung pemulihan ekonomi nasional.

“Kalau kulinernya berkembang dengan baik, wisatanya juga semakin maju, tentu saja perekonomian masyarakatnya juga akan tumbuh pesat dengan tetap harus dengan protokol kesehatan,” tandas AKBP Egy. (han/hum/lis/bas)

Baca juga:  Tak Semua Air Suci Mensucikan

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya