alexametrics

Cari Kerja Bisa dengan E-Makaryo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Bingung cari kerja, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) sarankan para pencari kerja untuk memanfaatkan aplikasi bursa kerja online. Namanya E-Makaryo.

Kepala Seksi Penempatan Kerja Disperinaker Kota Pekalongan Heryu Purwanto,S Psi, mengatakan, selama masa pandemi, pemkot meminta para pencari kerja (pencaker) bisa memanfaatkan teknologi. Selain memudahkan, juga bisa sesuai dengan minat dan keilmuan masing-masing.

Pencaker bisa langsung melamar pekerjaan melalui aplikasi bursa kerja online (e-makaryo) yang dikelola langsung oleh Disnakertrans Provinsi Jawa Tengah serta Disnaker masing-masing daerah.

“Kini cari lowongan kerja cukup mudah. Masuk di bursa kerja yang dikelola Disnakertrans Jateng,” tegas Heryu saat ditemui di kantornya Senin (24/8).

Baca juga:  Yayasan Pancaka Krematorium Bantu 10 Ton Beras

Heryu menambahkan bahwa aplikasi online ini untuk mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Keduanya sudah terintegrasi dengan Bursa Kerja Khusus (BKK) se-Jawa Tengah. Para pencaker, hanya perlu membuat akun dan menyiapkan foto dan mengisi form data yang telah disediakan saat ingin masuk melamar kerja melalui e-makaryo tersebut.

Setelah membuat akun, mereka diminta mengisi data. Mulai dari data pribadi, jenjang pendidikan, nomor handphone, dan sebagainya. Di aplikasi tersebut sudah tersedia daftar-daftar lowongan kerja perusahaan mana saja yang membuka lowongan, posisi lowongan, dan penempatan.

Semua layanan sistem antar kerja sudah terfasilitasi di aplikasi ini. Sehingga pencari kerja dapat memonitor langsung status lamarannya. Pihak perusahaan juga dapat memfilter pencaker sesuai kebutuhannya.“Sehingga lebih cepat dalam menukan kerja atau pekerja,” tandas Heryu. (han/kom/zal/bas)

Baca juga:  Ridwan Kamil Meninjau Penanganan Dua Warga Depok Positif Covid-19

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya