alexametrics

Petakan Kemiskinan Akibat Pandemi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Demak – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Puji Lestari melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kampung halamannya Desa Kalisari, Sayung, Demak. Mahasiswi jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan ini mengangkat tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sebagai bentuk kontribusi bagi desanya, Puji memiliki dua program. Pertama, pemetaan wilayah kemiskinan dengan melihat kondisi perekonomian warga pra dan pascapandemi. Kedua, mengadakan pelatihan keterampilan pemuda pembuatan kerajinan tangan bunga flannel. Di luar dari program KKN juga terdapat kegiatan tambahan ikut serta dalam pembagian bantuan sosial di balai desa Kalisari dan senam sehat bersama warga Kalisari. Setiap kegiatan tetap dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga:  Paramount Village Semarang Laba 90 Persen

Program pemetaan wilayah kemiskinan dibuat dari hasil olahan data kemiskinan desa dan hasil wawancara warga Dusun Manggian. Sesuai dengan saran kepala desa, Dusun Manggian dijadikan wilayah pengambilan data karena wilayah tersebut paling terdampak dibanding dusun lainnya. Sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai buruh pabrik. Puji pun turut mengajari pemudi setempat untuk membuat bunga flanel.

Harapan Puji Lestari pelaksanaan program kegiatan selama KKN ini dapat bermanfaat bagi Desa Kalisari, baik untuk warga maupun pemerintah desa. “Untuk pemerintah desa semoga dapat mempermudah dalam perencanaan pembangunan desa dan untuk warga supaya kegiatan ini dapat membantu perekonomian kedepannya,” jelasnya. (nor/bis/ton/bas)

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya