Kantor Imigrasi Pekalongan Segera Buka

2039
Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di wilayah Kota Pekalongan akan menempati eks Gedung Wanita di Jalan Majapahit nomor 2 Kota Pekalongan. (Lutfi Hanafi /Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan segera membuka Unit Kerja Keimigrasian (UKK) di wilayah setempat. Diharapkan akan memudahkan warga yang ingin mengurus dokumen keimigrasian.

“Kami usahakan buka awal Juli mendatang. Saat ini kami sedang proses melengkapi peralatan teknis,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang Andy Cahyono Bayuadi Senin (10/8/2020).

Saat ini pihaknya masih mengerjakan peralatan server. Tapi belum bisa selesai karena masih kurang peralatan terutama hard disk dan peralatan penunjang lain. Karena nanti pelayanan online, jadi butuh peralatan yang lebih komplit. “Kalau hard disk sudah kami dapat, dilanjut install aplikasi, dan ini butuh waktu 2 minggu untuk siap operasi,” jelas Andy lagi.

Sebenarnya, pihak imigrasi juga tidak terburu-buru dalam menambah layanan keimigrasian. Sebab masyarakat yang memohon pengajuan paspor tidak banyak seperti yang dulu. Jika sebelum pandemi Covid-19 bisa ada 150 pemohon per hari, saat ini hanya 2 sampai 3 orang per hari. “Layanan umrah juga belum dibuka, jadi pengajuan paspor minim sekali. Tapi bulan depan Insyaallah kami usahakan buka” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekalongan Drs Supriono,saat dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, UKK akan berlokasi di Jalan Majapahit Nomor 2 atau eks Gedung Wanita Kota Pekalongan. Mulai dari infrastruktur ,baik tempat gedung, penunjang kesisteman, sarana dan prasarana hingga ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) telah siap 100 persen sejak April lalu. SDM yang akan ditempatkan di UKK sudah diseleksi dan dilatih sejak Februari lalu. Terdiri dari 2 orang tenaga ASN dan 3 orang non-ASN. “Kami terus berkoordinasi dan berkonsultasi dengan Kantor Imigrasi Pemalang,” jelasnya.

Menurut Supriono, dengan dioperasionalkannya UKK Kota Pekalongan nanti, masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh lagi untuk membuat paspor atau mengurus masalah keimigrasian. Bahkan, Izin Tinggal Orang Asing pun dapat dilayani di UKK Kota Pekalongan. (han/kom/ton/bas)