alexametrics

Perpus Unimus Raih Akreditasi A

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) meraih akreditasi A dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Akreditasi tersebut digelar berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Perpusnas.

Keberhasilan itu dibuktikan dengan terbitnya sertifikat akreditasi bernomor 00156/LAP. PT/VII.2020. Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi menerangkan, beberapa aspek menjadi penilaian dalam akreditasi. Di antaranya ada koleksi buku, baik fisik maupun digital, sumber daya manusia (SDM) yang bertugas di perpustakaan. “Alhamduliah, berkat kerja keras semua pihak, perpustakaan Unimus bisa mendapatkan nilai A,” kata Masrukhi, Kamis (6/8/2020).

Ia mengatakan, akreditasi dari Perpusnas menjadi bagian visi Unimus untuk menciptakan universitas unggul. Apalagi sertifikat tersebut berlaku selama lima tahun dari 29 Juli 2020 hingga 29 Juli 2025 mendatang. “Tahun depan, kami akan kejar akreditasi lagi, terutama akreditasi universitas agar memperoleh nilai A atau unggul,” ungkapnya.

Baca juga:  Mahasiswa PPMT Fokus ke Pendidikan Karakter

Kepala Perpustakaan Unimus M Firdaus mengaku senang, karena baru beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mendapat akreditasi A. Ia mengatakan, ada beberapa perpustakaan PTS di Semarang yang mengikuti akreditasi dan yang mendapatkan akreditasi A tercatat ada 4, satu di antaranya Unimus.

Dikatakannya, untuk mendapat akreditasi A, minimal perpustakaan PTS mendapatkan nilai 91 dari Perpusnas. “Dari penilaian Perpusnas, Unimus mendapat nilai 94 atau bisa dikatakan melebihi standar nilai akreditasi,” ujarnya.

Firdaus mengatakan, perpustakaan Unimus memiliki koleksi 9 ribu buku dan fasilitas pendukung perpustakaan. Atas keberhasilan itu, pihaknya akan terus menjaga dan meningkat akreditasi guna menciptakan kampus yang unggul. “Kami juga akan fokus pada pelayanan untuk mendukung kegiatan pembelajaran di Unimus,” jelasnya. (jks/ida/bas)

Baca juga:  PAN Merapat ke Koalisi Besar, Calon Tunggal Makin Dekat

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya