alexametrics

Latih Penggunaan Jam Digital Masjid

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dosen Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri (FTI) Unissula melaksanakan program pengabdian masyarakat. Berupa pelatihan penggunaan jam digital masjid berbasis Android di Masjid Al-Huda, Dusun Pendem, Desa Manggihan, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, beberapa hari lalu (29/7/2020).

Pengabdian masyarakat bertemakan “Desaku Cerdas, Desaku Bersinar” ini, merupakan kegiatan berkesinambungan yang telah berjalan sejak tahun 2019 lalu. Survei dan identifikasi masalah telah dilakukan untuk mendapatkan masukan dari masyarakat tentang program yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Ketua tim pengabdian masyarakat, Eka Nuryanto Budisusila ST MT menyampaikan, timnya berinisitif mengenalkan salah satu perangkat digital berupa jam masjid otomatis. Jam tersebut akan menampilkan waktu salat lima waktu dan memberikan tanda berupa alarm ketika memasuki waktu salat. Perangkat tersebut dapat diatur dan disesuaikan melalui aplikasi ponsel Android yang terkoneksi dengan teknologi bluetooth sebagai remote control.

Penyampaian pelatihan kali ini, didampingi oleh anggota tim yakni Muhammad Khosyi’in ST MT, Ir Ida Widihastuti MT, Jenny Putri Hapsari ST MT, Bustanul Arifin ST MT, Agus Suprajitno ST MT, dan Dedi Nugroho ST MT. Diikuti oleh takmir Masjid Al-Huda dan perangkat Desa Manggihan.

Baca juga:  Rata-Rata Realisasi di Atas 95 Persen

“Kami menyambut baik program pengabdian masyarakat dari Unissula ini. Selain memang sudah lama bekerja sama dengan Desa Manggihan, program ini memang sangat dibutuhkan masyarakat Manggihan. Kami berharap dapat dilakukan berkelanjutan,” ungkap Kepala Desa Manggihan Supriyadi. (tri/ida/svc/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya