alexametrics

Lansia, Disabilitas dan Orang Tidak Mampu dapat Bantuan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan kembali menyalurkan bantuan Kartu Jateng Sejahtera (KJS) kepada warganya. Lansia, disabilitas, masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan menjadi prioritas.

Penyerahan KJS tersebut secara simbolis dilakukan oleh Wali Kota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE di aula Kecamatan Pekalongan Utara, Selasa (4/8/2020).

Plt Dinsos-P2KB Kota Pekalongan, Ir Budiyanto MPi MHum menerangkan bantuan KJS tersebut disalurkan untuk 42 warga Kecamatan Pekalongan Timur. Bantuan per triwulan ini diberikan Rp 250 ribu per bulan atau Rp750 ribu per triwulan. “Bantuan kami berikan kepada orang-orang lansia, jompo, disabilitas, masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan,” jelasnya.

Untuk penyalurannya, dikirimkan melalui rekening atas nama Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Bank Jateng. Berhubung di Kecamatan Pekalongan Timur, tidak ada bank bayar, maka pembayarannya ada di Bank Jateng Pekalongan Selatan. Adapun data penerimanya dikoordinasi oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Datanya selalu di update setiap bulan dan yang tidak berhak bisa digantikan oleh orang lain. “Kami berharap bantuan ini bisa bermanfaat bagi penerima KJS yang ada di Kota Pekalongan,” tandas Budiyanto.

Baca juga:  Advisor Dealer Astra Motor Jateng Menang di Safety Riding Instructors Virtual Competition

Sementara itu Wali Kota Pekalongan HM Saelany Machfudz menyampaikan bahwa bantuan KJS ini merupakan program yang disiapkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, melalui Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah untuk menyikapi dampak korona terhadap perekonomian masyarakat. Terutama warga tidak mampu dan tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan beras rakyat sejahtera. Bantuan KJS ini disalurkan bekerja sama dengan CSR Bank Jateng.

“Bantuan KJS para penerimanya adalah warga tidak mampu nonproduktif yang belum tersentuh sama sekali program kesejahteraan sosial dari pemerintah,” jelasnya.

Saelany berharap dengan diluncurkannya bantuan KJS ini setidaknya dapat meringankan beban masyarakat yang tidak berpenghasilan. Berharap bantuan ini bisa membantu penerima dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi. “Pandemi Covid-19 yang belum usai ini sangat membawa dampak bagi perekonomian warga. Semoga bantuan ini bermanfaat,” tegas Saelany didampingi Plt Dinsos-P2KB Kota Pekalongan Ir Budiyanto, MPi MHum, Camat Pekalongan Timur Nur Sobah Ssos MM, Camat Pekalongan Selatan, Mahbub Syauqi SH dan perwakilan dari Bank Jateng, para lurah di Kecamatan Selatan, dan perangkat Kecamatan Pekalongan Selatan. (han/hum/lis/svc/bas)

Baca juga:  DPRD Demak Soroti Tata Kelola PAD hingga Soal Karaoke

 

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya