alexametrics

KKN Masa Pandemi, Beri Kontribusi di Tanah Kelahiran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Berbeda dengan KKN pada tahun-tahun sebelumnya, Universitas Diponegoro (Undip) kali ini menggalakkan prgoram KKN bertajuk Pulang Kampung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini membolehkan mahasiswanya berkontribusi di daerah asal masing-masing.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dhea Hayu Nabila. Mahasiswa Kedokteran Gigi ini melakukan serangkaian kegiatan di desa asalnya, Sriwulan, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak. Selama 40 hari lamanya, ia mengadakan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut yang dapat dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing.

“Sebenarnya sederhana, tapi banyak masyarakat yang lalai soal kesehatan gigi ini. Baru sadar ketika sudah sakit. Makanya aku tertarik untuk menyebarkan kesadaran ini,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Senin (3/8).

Baca juga:  DPRD Minta Pemakaman Jenazah Covid-19 Sesuai SOP

Adapun terhitung sejak 5 Juli 2020, Dhea memulai kegiatan KKN dengan membagikan kuesioner bagi peserta serta pembagian brosur penyuluhan. Setelahnya, ia mengajarkan cara menggosok gigi yang benar, kemudian pembagian sikat gigi sebagai bingkisan kepada para peserta. Berbeda dengan penyuluhan lainnya, karena adanya pandemi Covid-19, maka kegiatan dilakukan secara personal karena tidak memungkinkan untuk adanya pengumpulan orang dalam jumlah besar.

Meski begitu, penyuluhan yang dilakukan oleh Dhea disambut baik oleh masyarakat. Karena sebelumnya belum pernah ada penyuluhan ataupun program oleh Puskesmas setempat dengan tema serupa. Selain itu, masyarakat menjadi mengerti mengenai hal-hal seputar kesehatan gigi dan mulut yang belum mereka ketahui sebelumnya.

Baca juga:  Peredaran Dikendalikan Napi Batam, Kurir Diberi Upah Rp 5 Juta

Mahasiswi bimbingan Dr.rer.nat. Thomas Triadi Putranto, S.T,M.Eng. ini pun berharap dengan adanya program ini nantinya terdapat peningkatan kesadaran dan pengetahuan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut agar dapat terhindar dari penyakit. Selain itu, usai dari kegiatan KKN ini ia berupaya menumbuhkan budaya menggosok gigi dari usia dini. (nor/adv/ida/svc/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya