alexametrics

Kembangkan Jamur Janggel Jagung Warisan TNI

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Grobogan – Sejumlah warga Desa Tambakselo Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan, bertekad mengembangkan ilmu pembuatan jamur dengan media janggel jagung. Pengetahuan tersebut merupakan warisan anggota TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-108/Kodim 0717/Purwodadi di desa tersebut.

Salah satu warga setempat, Mudaskir, 56 mengungkapkan, kini program TMMD sudah selesai. Para anggota TNI sudah meninggalkan desa dan kembali ke kesatuannya masing-masing. Namun peninggalannya sangat bermanfaat, seperti pembuatan jamur dengan media janggel jagung sudah mulai bisa dipanen hasilnya.

”Ini benar-benar temuan inovatif yang diajarkan para tentara saat menggelar TMMD. Hasilnya bisa untuk memenuhi gizi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan cukup prospektif untuk dijual ke pasar. Apalagi sejauh ini, belum ada yang menjual produk ini,” ungkap Mudaskir.

Baca juga:  FIFGroup Percepat Bantuan Korona

Untuk itu, lanjutnya, ke depan, dirinya dengan sejumlah warga akan mulai mengembangakan pembuatan jamur dengan media janggel jagung. Pihaknya akan lebih fokus mulai dari packaging hingga pemasarannya.

”Selain memanfaatkan limbah yang selama ini dibuang sia-sia, ke depan bisa dikembangkan untuk industri rumahan. Satu persatu, kami akan mencari kemasan yang bagus. Sehingga jamur janggel jagung ini bisa dilirik masyarakat,” tambahnya. (int/bis/ida/svc/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya