alexametrics

Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID – Polres Demak terus berbenah. Mengayomi, melindungi dan  melayani masyarakat. Dengan slogan DEMAK PRASOJO, Polres Demak memiliki visi Dedikasi, Empati, Melayani, Amankan dan Kompetensi. Sedangkan, PRASOJO sendiri diartikan sebagai Prajurit Bhayangkara Sejati Sopan dan Ojo Dumeh. Semboyan itu didukung 4 motto kerja. Bekerja ikhlas, bekerja keras, bekerja cerdas, dan bekerja tuntas. Selain itu, ada lima program prioritas. Yakni, SDM berkompetensi unggul, Organisasi solid, Polisi di mana-mana, Adil menegakkan hukum, Normatif dan akuntabel.

Untuk mencapai visi tersebut, ada tiga kegiatan yang dijalankan. Yaitu, Demak Peduli, Demak Berbagi, dan Demak Takziah. Jika dijabarkan, Demak Peduli memiliki arti bahwa anggota Polres Demak peduli terhadap warga yang kena musibah. Responsif ikut meringankan beban masyarakat. Baik ketika ada banjir, tanah longsor, kebakaran maupun bencana lainnya. Caranya, bisa dengan mendirikan dapur umum, menyalurkan bantuan sosial selama Covid-19 dan sebagainya.

Adapun, Demak Berbagi ini dijalankan rutin tiap Jumat dan Minggu dengan dukungan dari hasil zakat profesi maupun sedekah anggota kepolisian Polres Demak. Wujudnya berupa kegiatan Jumat Bersedekah dengan memberi bantuan untuk fakir miskin. Misalnya, dengan menyiapkan nasi bungkus di masjid masjid, termasuk di Masjid Uswatun Hasanah, Polres Demak. Musafir atau orang dalam perjalanan juga menjadi salah satu sasaran pemberian sedekah. Tiap Jumat menyalurkan 1.200 nasi bungkus.

Baca juga:  Adaptasi Pandemi, Bisnis WO Mulai Bangkit

Sedangkan, di wilayah Kebonagung ada 2 ribuan nasi bungkus disalurkan ke sekitar 20 masjid, ponpes dan Panti Asuhan. Untuk keperluan ini, pos polisi juga dirubah fungsinya menjadi posko sedekah Jumat.

Untuk Demak Takziah juga menjadi program yang dilaksanakan jajaran Polres Demak. Dalam setiap ada masyarakat dan tokoh agama yang meninggal dunia di wilayah binaannya, maka Babinkamtibmas dari Polsek setempat wajib hadir dan ikut serta bertakziah ke keluarga yang mengalami musibah. Selain sebagai bentuk kepedulian dan empati juga sarana pendekatan efektif ke masyarakat. Porgram Demak Takziah ini dijalankan mulai jajaran atas hingga bawah sesuai tingkatan.

Kapolres Demak AKBP R Fidelis Purna Timoranto menyampaikan, tujuan berbagai program tersebut untuk memberi pelayanan pada masyarakat. “Polisi sebagai aparatur negara hadir di tengah tengah masyarakat,” katanya.

Baca juga:  Gubernur Ridwan Kamil Usul PSSB Klaster Jabodetabek

Selama penanganan Covid-19 dan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-74, kegiatan sosial dilakukan terus menerus (Selasa dan Jumat) oleh jajaran Polres dan Polsek. Bantuan sosial diarahkan ke masyarakat yang tidak dapat bantuan dari pemerintah. Seperti, fakir miskin, tukang ojek, pedagang kaki lima (PKL), tukang bersih sampah (pemulung), warga yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun dirumahkan. Termasuk warga korban rob dan warga di daerah terpencil.

HUT Bhayangkara ke-74 juga disemarakkan dengan kegiatan penanaman pohon di Desa Jragung, Kecamatan Karangawen. Ada 740 pohon buah buahan yang ditanam. Jumlah pohon yang ditanam sebagai rangkaian dan  simbol HUT ke-74.  HUT juga ditandai dengan lomba Tahfidz Alquran, lomba baris berbaris, senam tongkat dan borgol. Juga kegiatan penyaluran bansos jaring pengaman sosial (JPS) bersama  Kapolda Jateng  Irjen Pol Ahmad Luthfi melalui kegiatan offroad dan pencanangan Kampung Tangguh Nusantara Candi di Desa Jragung.

Baca juga:  PKK Salatiga Salurkan 213 Paket Sembako

Para pengusaha muda  dan Paguyuban Kepala Desa di Demak diajak untuk ikut partisipasi dalam kegiatan tersebut sebagai wujud kecintaan generasi muda pada NKRI. Ada pula, kegiatan upacara tabur bunga di Makam Pahlawan Kota Demak. Kemudian, kegiatan anjangsana ke purnawirawan, warakawuri dan anggota yang sakit. Juga upacara virtual dilanjut syukuran HUT Bhayangkara ke-74 dengan ditandai pemotongan tumpeng. “Kita jalankan berbagai kegiatan sebagaimana tema HUT Bhayangkara ke-74 ini. Yaitu, Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif,”ujar Kapolres.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengapresiasi berbagai kegiatan yang digelar Polres Demak tersebut.  “Terimakasih Kapolres Demak yang telah menyantuni masyarakat. Ini kecil tapi penting dan sangat berarti bagi masyarakat,” ujar Kapolda saat hadir dalam peringatan HUT Bhayangkara  ke-74 di Alun-Alun Timur Kota Demak bersama jajaran Polres Demak. (hib/zal/bas)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya