alexametrics

Sampah Menumpuk di Bantaran BKT

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Puluhan warga RW 03 Kelurahan Sawah Besar Kecamatan Gayamsari Kota Semarang menggelar kerjabakti membersihkan sampah di bantaran Banjir Kanal Timur (BKT), Minggu (14/6/2020). Dalam kegiatan tersebut warga membawa peralatan seadanya membersihkan bantaran sungai dari sampah.

Ketua RW 03 Imam Tobroni mengatakan, kegiatan warga ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab warga dalam menjaga kebersihan di lingkungannya. Pasalnya sejak selesainya BKT ini, banyak sampah menumpuk di lokasi tersebut. “Sejak selesai dibangun sampai sekarang, banyak sampah yang tidak terurus sehingga terlihat kumuh. Warga berinisiatif melakukan kerjabakti,” katanya.

Dalam kerjabakti tersebut warga membersihkan rumput di Jogging Track Paving BKT kemudian juga membersihkan semak-semak di bantaran sungai dan membersihkan rumput liar agar bersih dan pemandangan menjadi bagus. “Warga dalam melakukan kerjabakti, karena di tempat itu banyak ditumbuhi rumput liar sehingga mengganggu pemandangan warga,” tambahnya.

Baca juga:  BSB Village Targetkan Penjualan Rumah Naik 20 Persen

Dalam membersihkan BKT, sebenarnya menjadi tanggung jawab BBWS/DPU. Meski begitu, warga berusaha membantu membersihkan BKT. Bahkan rencana ke depan akan digunakan untuk Urban Farming dan fasilitas umum untuk olahraga sesuai dengan arahan dari Wakil Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu. “Jika lingkungan bersih, bisa dimanfaatkan warga. Rencananya di tempat tersebut akan ditanami Pepaya, Ketela dan pohon Sengon,” tambahnya.

Lurah Sawah Besar Jaka Suryanta mengaku dengan kerjabakti, lingkungan jadi bersih. Di pinggir sungai bisa ditanami tanaman dan di tengahnya dibuat lapangan voli. “Tidak masalah warga melakukan kerja bakti membersihkan bantaran sungai BKT, sehingga terlihat bersih. Dengan begitu warga bisa melakukan olahraga di tempat tersebut,” katanya. (hid/bis/ida/bas)

Baca juga:  Ngaku Anggota TNI, Warga Tuntang Ini Bawa Kabur Tiga Motor

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya