Dorong Penggunaan Teknologi Air Bersih di Pedesaan

313
Anggota DPR RI dari Fraksi PKB Drs H Fathan Subchi saat reses di Desa Raji, Kecamatan Demak Kota. (Wahibpribadi)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Penggunaan dan pemanfaatan teknologi pengolah air bersih di pedesaan dinilai sangat penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Hal ini disampaikan legislator PKB Drs H Fathan Subchi di sela reses di Desa Raji, Kecamatan Demak Kota kemarin. Fathan mendorong setiap desa bisa bersinergi untuk menggunakan teknologi pengolah air bersih. “Air bersih menjadi kebutuhan sehari hari,” katanya.

Kegiatan reses dihadiri aparatur pemerintah desa, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Di hadapan sekitar 100 orang hadirin itu, Fatchan Subchi menyampaikan, bahwa ada beberapa daerah di Demak tergolong masih tertinggal termasuk juga soal akses air bersih.

”Kemarin kita datang ke Badan Pusat Statistik (BPS) Demak. Kita dapatkan data bahwa ternyata Demak merupakan daerah yg masih tinggi angka kemiskinannya,” ujar Fathan.

Terkait air bersih, Desa Raji merupakan salah satu desa yang masih terancam oleh krisis air bersih, terutama saat musim kemarau.

Kepala Desa Raji, Ariful Husni mengapresiasi atas perhatian anggota DPR RI dari Fraksi PKB ini. ”Pak Fathan salahsatu DPR yg rajin turun ke bawah. Kita doakan semoga makin barokah,” ujarnya.

Selepas acara tanya jawab dan sambung rasa, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan meninjau dua mesin pompa. ”Terima kasih kemarin desa kita dibantu melalui kerja nyata pak Fathan,” tegas Kades Ariful.

Sementara, dalam dialog yang santai, anggota BPD Desa Raji juga ingin agar diteruskan dengan pembuatan tandon air. (hib/svc/ap)

Tinggalkan Balasan