alexametrics

Sosialisasi Pemanfaatan Panas Bumi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, BANJARNEGARA – PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng menggelar sosialisasi mengenai panas bumi bagi masyarakat di Kecamatan Batur, Banjarnegara belum lama ini (7/8/2019).

Pada kesempatan tersebut hadir sebagai narasumber Arif Subagyo kepala bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara, Guruh Setyatama dan Suharto, pekerja operasional Geo Dipa serta Dr Khasani, kepala Department Teknik Mesin & Industri dan Pusat Penelitian Panas Bumi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Mereka memberikan materi mengenai panas bumi dan pemanfaatan langsung di sekitar masyarakat.

Camat Batur Imron Rosyadi mengucapkan terima kasih pada Geo Dipa yang telah melaksanakan sosialisasi yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang panas bumi. Hal ini sebagai salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat tentang panas bumi.

Baca juga:  Tetap Berprestasi dan Berkarya di Tengah Pandemi

Panas bumi sebagai energi terbarukan yang sedang dikembangkan di kawasan Dataran Tinggi Dieng ini diharapkan menjadi salah satu solusi bagi negara dan khususnya masyarakat sekitar sebagai sumber daya listrik ramah lingkungan.

Geodipa merupakan Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) BUMN dibawah Kementerian Keuangan yang sudah berproduksi, dan rencananya akan dilakukan pengembangan untuk menambah kapasitas listriknya. Dengan sosialisasi ini harapannya dibutuhkan dukungan penuh masyarakat agar operasional Geo Dipa dapat berjalan dengan baik dan lancar sekaligus menyamakan presepsi kepada masyarakat terkait manfaat dan kebaikan panas bumi dalam menggantikan sumber listrik yang konvensional.

Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara Arif Subagyo menyampaikan bahwa dukungan masyarakat desa sangat diperlukan demi percepatan proyek panas bumi. “Saat ini PLTP Dieng Unit 1 telah memproduksi hampir mencapai 60 MW dari potensi WKP Dieng ekuivalen 400 MW. Dan akan terus dilakukan pengembangan agar target produksi bertambah untuk memenuhi kebutuhan listrik,” ujarnya dalam kegiatan yang dihadiri perwakilan desa sekitar lapangan panas bumi Dieng.

Baca juga:  Tambah Iuran 1 Persen, Bisa Tanggung Anggota Keluarga Berobat

Kegiatan yang bekerja sama dengan Kelompok Kerja Nyata Pengembangan & Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada Tim Batur 2019 ini merupakan kali kedua pelaksanaan sejak tahun 2018.

Diharapkan ke depan masyarakat dapat mendukung kegiatan operasional Geo Dipa dan mencapai kebutuhan listrik nasional sesuai program dan target pemerintah. (*/svs/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya