alexametrics

Warga Kelurahan Trimulyo Pasarkan Produk UMKM Lewat Berbagai Bazar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Berdayakan UMKM dengan beri peluang untuk memasarkan produknya di berbagai bazar. Program ini diharapkan bisa terus mengembangkan UMKM di Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk.

Lurah Trimulyo Sugito menjelaskan, ada beberpa potensi unggulan di Trimulyo. Seperti di RW 4 banyak UMKM pembuatan meja belajar. Bahkan, produknya sudah diekspor. Produk ini menjadi andalan untuk diikutkan pada setiap bazar. “Mereka mempunyai pangsa pasar tersendiri,” katanya. Selain itu, terdapat pembuatan soundsystem box serta beberapa produk makanan, seperti bandeng presto dan otak-otak.

Ia menambahkan, Kelurahan Trimulyo sempat mengusulkan Kampung Tematik Hijau dan Urban Farming. Namun, terkendala oleh waktu yang sudah berakhir. Padahal, banyak tamu dari luar wilayah datang untuk belajar urban farming, seperti dari Dinas Pertanian dan PKK.

Baca juga:  PNM Komitmen Berdayakan Ekonomi Pelaku UMKM

Upaya pemulihan ekonomi dilakukan Kelurahan Trimulyo lewat komunikasi dan berdialog dengan pelaku UMKM tentang hasil produk dan mangsa pasarnya seperti apa. “Jadi kita mendata dan kita punya data untuk mengisi stand bazar UMKM,” jelasnya.

Pihaknya juga melakukan pendampingan dan memantau produk-produk UMKM melalui Gerai Kopi Mi. Namun, ketika pandemi, omzet produknya mengalami penurunan. “Itu memang otomatis karena dampak pandemi,” jelasnya.

Pemerintah Kelurahan Trimulyo selalu bekerja sama dengan Puskesmas Genuk dalam penanggulangan Covid-19. Karena puskesmas mempunyai wewenang tentang kesehatan. Di saat pandemi seperti ini pihaknya selalu menggencarkan vaksinasi. Sudah 80 persen masyarakat Trimulyo mendapatkan vaksin. “Jadi kita punya datanya melalui puskesmas,” jelasnya.

Baca juga:  Jumat Berkah Bantu Warga Kecamatan Semarang Barat yang Terdampak Covid-19

Patroli PPKM tetap dilakukan, namun saat ini di tingkat kecamatan. Dilakukan pada jam 9 pagi dan 9 malam. Pesertanya dari masing-masing kelurahan, babinsa, dan bhabinkamtibmas. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya