alexametrics

Tim Relawan Jadi Tulang Punggung Kelurahan Candi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari membentuk tim relawan candi untuk menjadi roh dan tulang punggung kelurahan. Tim relawan bukan hanya bertugas untuk memberikan edukasi terkait covid-19 dan penerapan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas), tapi juga melakukan pelaporan kepada kelurahan jika ada kasus covid-19.

“Jadi jika ada yang positif RT/RW akan melaporkan ke koordinator relawan. Lalu relawan mengunjungi kelurahan, dan kelurahan akan datang bersama babinsa, bhabinkamtibmas, LPMK untuk melakukan penyemprotan,” kata Lurah Candi Hartanto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Penyemprotan desinfektan dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan warga. Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada warga. Tak hanya itu, kelurahan juga membentuk jadwal penyemprotan masing-masing RW yang sampai saat ini masih dilakukan. Peralatan ada yang pinjam dari kelurahan, adapula yang swadaya warga.

Baca juga:  Reseller Penipuan Arisan Online Ajukan Penangguhan Penahanan

Saat ini capaian vaksinasi menurut data puskesmas yang disesuaikan dengan Disdukcapil baru 73 persen. Namun berdasar laporan dari RT/RW yang diminta untuk mendata warganya. vaksinasi sudah capai 90 persen. “Memang ada perbedaan, karena banyak data dari Disdukcapil yang masih tertulis tapi sudah tidak tinggal di sini,” tuturnya.

Kelurahan juga membentuk lumbung pangan untuk memberi suplai sembako kepada warga yang membutuhkan, terutama yang sedang menjalankan isolasi mandiri. Sisanya diberikan kepada lansia dan warga miskin yang benar-benar membutuhkan.

Saat ini kelurahan sedang memberdayakan kerukunan warga dengan membentuk forum RT dan RW se-kelurahan. Dalam forum tersebut dibentuk kepengurusan yang diketuai oleh salah satu ketua RW/RT sehingga akan memudahkan koordinasi antar masyarakat. “Tujuan kami agar warga itu guyup rukun.

Baca juga:  Empat Bioskop Sudah Dibuka, Ini Daftarnya

Selain itu program dari pemerintah kota langsung tersampaikan kepada wakil masyarakat. Meski kegiatan sempat mandek dan hanya lewat grup WA karena pandemi. Namun saat ini kegiatan sudah kembali berjalan dengan baik,” ungkapnya. (bam/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya