alexametrics

Kelurahan Karangmalang Benahi SDM dalam Melayani Masyarakat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kelurahan Karangmalang, Kecamatan Gunungpati tekankan pelayanan kepada masyarakat. Upayakan potensi wilayah dengan berbagai macam pelatihan. Warga guyub bisa membangun jalan cor secara swadaya.

Lurah Karangmalang Adi Wijanarko menjelaskan dirinya mengondisikan staf di kelurahan untuk bisa diajak kerja sama dengan baik. Sehingga kalau sumber daya manusia di dalam sudah kompak, dalam melayani masyarakat akan lebih nyaman. “Kalau sudah kondusif di dalam kantor, baru mengondusifkan masyarakat melalui kelembagaan,” katanya.

Ia menjelaskan, ada LPMK sebagai sarana pendekatan warganya. Saat ini dirinya membawahi 3 RW dan 12 RT. Selain itu, harus saling komunikasi dengan ketua RT, ketua RW dengan kompak. Kemudian ada Karang Taruna yang diajak berkontribusi dalam pemerintahan melalui generasi muda. “Kita bisa duduk bersama, dan bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Baca juga:  Gubernur Jateng: Kami Coba Strategi Baru Memaksimalkan Perlawanan Gerilya dari Desa

Istri lurah juga harus berperan di PKK untuk mengadakan motivasi dan kerja sama. “Beberapa lembaga harus dirangkul dan komunikasi dengan baik,” jelasnya.

Pemulihan ekonomi di Kelurahan Karangmalang melalui kelompok UMKM yang terwadahi Gerai Kopi Mi. Diadakan pelatihan-pelatihan, seperti membuat produk yang bagus, pengemasan, dan pemasarannya.

Vaksinasi dilakukan dengan melakukan pendekatan melalui kegiatan RT, RW dan PKK. PPKM tetap berjalan di titik tertentu yang ramai. Pihaknya melakukan pengarahan, dan sosialasi PPKM. Selalu mengimbau untuk tetap taat prokes. “Kalau PKL kita imbau ada batasan, sehingga tidak ada kerumunan,” jelasnya.

Melalui lumbung pangan, pihaknya menyalurkan sembako dari warga maupun pemerintah. Tujuannya adalah meringankan beban warga yang terdampak covid-19. Selain itu, pihaknya bersama dengan ketua RT dan ketua RW bersama-sama melakukan penyemprotan desinfektan. “Kita juga lakukan pemasangan stiker taat prokes,” jelasnya.

Baca juga:  Kelurahan Tambakrejo Siapkan Sport Center

Selain itu, ia bersyukur karena terdapat pembangunan jalan yang dikelola oleh warga sendiri melalui swadaya. Pembangunan jalan Gedungan Karangmalang RT 4 RW 1 dengan cor sepanjang 100 meter, setebal 20 cm, dan selebar 3,5 meter. “Saya sangat bersyukur, warga di sini sangat guyub,” jelasnya.

Sebelum pensiun, ia berharap kepada teman-teman yang ada kelembagaan agar bekerja dengan baik dan jujur. Karena masyarakat sangat membutuhkan rangkulan dari pemerintah melalui kelurahan. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya