alexametrics

Kelurahan Kaliwiru Terus Kembangkan Kampung Seni Budaya

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Kaliwiru, Kecamatan Candisari Terus mengembangkan Kampung Tematik Kampung Seni Budaya. Hal ini dilakukan bersama warga RW 4 karena memang warga sangat menikmati dan senang dengan kesenian.

“Kami bersama LPMK Kaliwiru juga sering gelar sarasehan seni dan budaya. Biasanya sarasehan tentang bahasa Jawa ini untuk nguri-uri kebudayaan Jawa di sanggar seni,” kata Lurah Kaliwiru Budiyanto.

Banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat di sanggar karena kecintaannya terhadap seni seperti campursari, berlatih gamelan setiap malam Kliwon, bermain organ modern, dan melatih anak-anak muda tari kreasi baru. “Baru-baru ini LPMK juga telah terlaksana kembali sarasehan Bahasa Jawa. Jadi bahasa Jawa orang sini mlipit-mlipit,” tuturnya.

Baca juga:  Jelang HUT RI Ke-77, Penjual Bendera Mulai Bermunculan di Semarang

Tokoh masyarakat juga gunakan sarana kesenian kampung tematik untuk mengingatkan orang-orang yang susah tidak mau vaksin untuk segera ikut vaksin lewat latihan, sarasehan. Ini sarana seni budaya ngandani.

Pandemi Covid-19 yang memberi dampak kepada masyarakat, menggerakkan Kelurahan Kaliwiru untuk melakukan pemberdayaan perekonomian warga. Dengan giat menjalankan pelatihan dan sosialisasi kepada warga. Pelatihan tersebut diantaranya merajut, make up, dan keterampilan pembuatan makanan.

Sedangkan untuk kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan yaitu mengenai KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), bahaya pernikahan dini, dan pemanfaatan lahan pekarangan. Untuk meningkatkan perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pemerintah kelurahan mendata yang punya UMKM untuk ikut bantuan pemerintah.

Sementara dalam penanganan covid-19 menyediakan lumbung pangan yang bersumber dari warga yang rezekinya berlebih ditambah dengan pengusaha-pengusaha di wilayah Kaliwiru seperti hotel, kafe, restoran. “Mereka kami rangkul, dan kami mintai bantuan yang kemudian disalurkan kepada warga,” ungkapnya.

Baca juga:  Kelurahan Bendan Duwur Kembangkan Wisata Swargo Langit

Untuk vaksinasi, kelurahan terus bekerjasama dengan puskesmas Kagok lakukan jemput bola. Capaian vaksinasi sudah mencapai 73,5 persen. “Kamu juga akan lakukan vaksinasi door to door bagi difabel dan lansia agar mereka juga dapat tervaksin karena mungkin selama ini mereka kesulitan akses,” jelasnya. (bam/mg9/mg14/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya