alexametrics

Dukung Penuh Pengembangan UMKM di Kelurahan Jatirejo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati tumbuh dengan pesat. Jajaran pemerintah Kelurahan Jatirejo mendukung penuh demi menyejahterakan warga.

Program blusukan yang dilakukan jajaran pemerintah Kelurahan Jatirejo mendapatkan berbagai usulan dari para warga. Lurah Jatirejo Musfiyati yang baru menjabat, selalu menyempatkan berkeliling turun ke warga agar bisa mempelajari sekaligus bersosialisasi ke warganya. “Agar tahu potensi yang ada di wilayah Kelurahan Jatirejo,” kata Musfiyati.

Banyak usulan yang berhasil ditampung. Pemerintah Kelurahan Jatirejo akan memprioritaskan untuk memperindah kampung dari sektor pembangunan. Ada beberapa sudut kampung yang terlihat tidak enak untuk dipandang. Musfiyati menggerakkan warga untuk kerja bakti membersihkan kampung. Agar para warga lebih semangat, jajaran Kelurahan Jatirejo juga memperlombakannya.

Baca juga:  Hindari Kerumunan, MPLS Dibagi Tiga Sif

“Saat keliling kampung, saya lihat ada proyek pemerintah tidak terawat jadi saya buat surat edaran untuk warga agar melakukan kerja bakti sekalian diperlombakan,” Ujarnya.

Sebagai kampung tematik, wilayah Kelurahan Jatirejo mempunyai beragam unggulan. Mulai dari kampung tematik kolang kaling, kampung tematik cabai rawit, kampung tematik jambu sampai kampung tematik susu sapi. “Wilayah Kelurahan Jatirejo setiap RW mempunyai produk unggulannya dan kami Pemerintah Kelurahan Jatirejo sangat mendukung.”

Musfiyati menjelaskan, setiap ada wilayah yang membutuhkan bantuan seperti pelatihan, pembangunan gapura UMKM, kelurahan selalu siap. “Setiap ada bazar atau pameran, dari wilayah Jatirejo selalu ada yang mewakili dari sektor UMKM,” Tambahnya.

Di tahun depan mereka akan memprogamkan kampung tematik jambu. Seperti di RW lain, Pemerintah Kelurahan Jatirejo pun mendukung apa yang menjadi harapan warga. “Ada satu unggulan lagi yang akan kami proses dan dukung. Demi kemajuan wilayah Jatirejo saya selaku lurah Jatirejo akan mendukung 100 persen,” Tambahnya.

Baca juga:  Harga Pupuk Tinggi, Petani Padi Beralih Tanam Edamame

Harapan dari Pemerintah Kelurahan Jatirejo, kalau ada cara untuk memperkenalkan sekaligus memberikan jalan untuk maju dalam sektor UMKM dan lainnya. “Tak hanya memperkenalkan UMKMnya, kita juga akan membangun buat tempat memperjualkan produk kita,” ujarnya. (cr2/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya