alexametrics

Terus Kembangkan Kampung Tematik Hijau di Kelurahan Panggung Lor

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Panggung Lor, Kecamatan Semarang Utara akan terus mengembangkan dan terus berikan dorongan kepada kampung tematik kampung hijau. Kampung tematik dikelola untuk gali potensi yang dimiliki wilayah. Di kampung hijau terdapat beragam tanaman hijau dan mengembangkan tanaman hidroponik.

Saat ini pihak kelurahan sedang menggerakkan kerja bakti untuk melakukan pembersihan lingkungan. Mengingat di wilayah lingkar tanjung banyak warga yang membuang sampah sembarangan. “Ini dari luar daerah kebanyakan yang membuang sampah. Selama ini karena di sini warga perumahan tidak begitu peduli dengan lingkungan sebelahnya,” kata Lurah Panggung Lor Tris Nunung Iriyantoro kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Salah satu wilayah yang mengusung konsep hijau, bersih dan sehat adalah RW 9. Di kawasan tersebut semua rumah memiliki ruang hijau terbuka untuk mempercantik lingkungan. Selain itu, warga swadaya serta rutin menggelar gotong royong, senam sehat dan berbagai kegiatan lainnya untuk mendukung kawasan hijau, bersih dan sehat.

Baca juga:  Gara-Gara Ambil HP yang Jatuh, Mobil Tabrak Pembatas Jalan

Tanaman hijau-hijauan berada di depan rumah, di lahan sempit yang merupakan akses utama warga. Sepanjang jalan, hampir semua rumah warga dihiasi aneka tanaman. Mulai dari bunga, sayuran dan tanaman hias lainnya.

Warga secara swadaya menanam tanaman untuk penghijauan dan agar lingkungan semakin asri. Mengingat Panggung Lor Semarang Utara merupakan kawasan yang cukup panas.

Di lokasinya juga sudah ada bank sampah yang memang didesain untuk mengatasi masalah sampah terutama plastik. Sampah plastik diolah menjadi ecobrick atau kerajinan lainnya.

Sementara dalam penanganan covid-19, pihak kelurahan selalu melakukan program yang sudah dicanangkan dari pemerintah Kota Semarang seperti jogo tonggo, posko PPKM. Sampai saat ini kelurahan masih terus melakukan patroli penerapan prokes di siang hari maupun malam hari dengan menggerakkan lembaga kelurahan, babinsa, bhabinkamtibmas dan kecamatan.

Baca juga:  Warga Kelurahan Mlatibaru Bersinergi Tangani Covid-19

Saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan masyarakat meskipun kondisi covid-19 di kota Semarang sudah mereda. “Kita masih terus memberikan arahan kepada warga agar selalu waspada jangan sampai lakukan kerumunan dan banyak melakukan antisipasi,” ungkapnya.

Kelurahan Panggung Lor ini juga selalu menyalurkan kebutuhan pokok bagi warga, melakukan sosalisasi vaksin covid aman, pemberian sosialisasi untuk memakai masker, dan vaksinasi bagi  lansia secara dot to dor.

“Vaksinasi bagi warga sudah dijalankan dan kami sudah melakukan percepatan sehingga saat in kita juga terus menggandeng puskesmas. Capaian vaksinasi warga Panggung Lor saat ini sudah mencapai 80 persen lebih,” akunya. (bam/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya