alexametrics

Pemerintah Kelurahan Bulu Lor Sebar Imbauan Patuh Prokes di Kampung-Kampung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Bulu Lor, Kecamatan Semarang Utara telah meluncurkan program senam bersama untuk masyarakat. Lurah menggandeng LPMK dan juga Gerai Kopi Mi. Selain sebagai usaha hidup sehat, kegiatan ini dibentuk karena kepedulian kelurahan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Ekonomi masyarakat ditingkatkan dengan adanya UMKM yang berjualan di lokasi senam, mereka membuka stan dan mempromosikan produk yang mereka miliki,” kata Lurah Bulu Lor Agus Rianto kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kegiatan ini disepakati dilaksanakan tiap minggu pertama dan ketiga di setiap bulannya. Ia berharap para pelaku UMKM yang berada di Kampung Ucil (Usaha Kecil) untuk tetap bersemangat dalam menjajakan hasil usahanya. “Kalau di Kampung Ucil itu ada tahu bulat, kerajinan tangan, dan jajanan lainnya,” tuturnya.

Baca juga:  Kampung Tematik Angkat Ekonomi Warga Kelurahan Gajahmungkur

Pemerintah Kelurahan Bulu Lor juga melakukan cara yang begitu unik untuk mengantisipasi kasus covid-19. Yakni dengan memberi tulisan di setiap portal kampung. Tulisan tersebut berisi peraturan mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, tulisan tersebut juga terdapat tanda yang menjadi zona covid di masing-masing gang. “Jadi, kalau yang tanda hijau ini artinya tidak ada kasus. Aman,” ungkapnya.

Pemasangan tanda ini sebagai peringatan bagi masyarakat untuk selalu menaati protokol kesehatan. Dan juga untuk memberi tahu warganya ada penderita covid atau bebas dari covid. “Jadi itu sangat berfungsi sekali. Selain untuk mendata, juga untuk memperingati warga agar taat prokes,” ujarnya.

Sementara kegiatan lain seperti satgas Jogo Tonggo, patroli PPKM, dan vaksinasi terus digencarkan. Bahkan sekarang ini kelurahan meminta RT untuk mendata warganya yang belum divaksin agar diajukan vaksinasi dengan puskesmas.

Baca juga:  Tukar Sampah dengan Sembako dan Sayuran

Capaian vaksinasi di kelurahan tersebut sudah mencapai 85 persen. “Untuk yang belum divaksin saat ini adalah para lansia. Dengan itu nantinya akan dilakukan vaksinasi door to door untuk lansia,” (bam/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya