alexametrics

Kelurahan Pedurungan Lor Satukan Masyarakat untuk Cegah Banjir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Banjir kerap menjadi langganan di berbagai daerah Kota Semarang. Tak terkecuali di Kelurahan Pedurungan Lor yang ingin menanggulangi bencana yang kerap menjadi langganan. Pemerintah Kelurahan Pedurungan Lor mengajak warga untuk mengatasi permasalahan banjir dan sampah.

Lurah Pedurungan Lor Sudarsih ingin setidaknya menanggulangi atau mengurangi banjir tersebut. “Saya ingin menyatukan misi di masyarakat dalam penanggulangan sampah dan penanggulangan banjir itu tanggung jawab bersama,” katanya.

Dalam hal penanggulangan banjir ini, ia berupaya menggandeng jajaran instansi maupun masyarakat di Kelurahan Pedurungan Lor. Banyak upaya yang dilakukan, mulai dari terjun langsung ke lapangan sampai menyadarkan masyarakat terhadap bahaya sampah itu sendiri.

Baca juga:  Lurah Terboyo Kulon Dapat Hikmah dari Pandemi Covid-19

“Saya mencoba turun ke masing RW, dalam kegiatan kerja bakti massal. Alhamdulillah saya bisa tatap muka langsung ke masing masing RW di wilayah masing-masing warga,” tambahnya.

Begitu pula sampah, pihaknya telah memberikan masukan maupun cara penanggulangannya kepada masyarakat. Masyarakat antusias mengikuti semua kegiatan penanggulangan sampah. “Dari sayuran dan daun jadi kompos. Minggu pagi kemarin saya juga pelatihan di RW 5 tentang pemanfaatan limbah untuk pembuatan kerajinan dari DLH juga,” jelasnya.

Selain itu, ia menginginkan setidaknya bisa menanggulangi banjir dengan menggandeng para masyarakat di wilayahnya. Ia mengimbau kepada pengembang perumahan agar pembuatan saluran sesuai dengan ketentuan, yakni tidak dibuang ke embung.

Pihak kelurahan ikut andil dalam mengembangkan UMKM di Kelurahan Pedurungan Lor. “Ini saya juga menggandeng Dinas Koperasi,” tuturnya.

Baca juga:  Kelurahan Lamper Lor Jalankan Budaya Gotong Royong

Tidak hanya pelatihan, pihaknya juga membuat bazar pada Desember mendatang di area GOR Manunggal Jati. Rencananya rutin diadakan setiap Minggu. Pengurus Gerai Kopi Mi juga akan ikut serta dalam bazar itu. “Saya juga sudah matur sama pengurus dari Gerai Kopi Mi, terus nanti yang akan mengisi UMKM itu ya seluruh warga Kelurahan Pedurungan Lor,” tambahnya.

Penanganan covid di Kelurahan Pedurungan Lor berangsur membaik, pihak kelurahan turut ikut serta dalam vaksinasi, tracing bahkan setiap minggunya mengadakan swap antigen. Selain itu, pihaknya juga menggandeng warganya yang merupakan tenaga kesehatan untuk terlibat dalam penanganan covid-19. “Kita juga pendampingan di wilayah, seperti toko-toko dan supermarket dan juga melakukan swap antigen,” jelasnya. (fgr/cr2/ton)

Baca juga:  Kelurahan Karanganyar Gunung Gelar Lomba UMKM secara Virtual

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya