alexametrics

Kelurahan Kalicari Siapkan Perbaikan Drainase dan Pengelolaan Sampah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Catarina Nevy Herawati baru sebulan menjadi lurah Kalicari, Kecamatan Pedurungan. Sejak pertama ditugaskan, ia fokus membangun komunikasi dengan warga dan tokoh masyarakat. Banyak masukan diterimanya. Tak terkecuali persoalan banjir dan sampah.

Karena sebelumnya ia bertugas Kelurahan Trimulyo, Kecamatan Genuk, ia cukup memahami mitigasi banjir. Pasalnya ia sudah sering menangani banjir di sana. Kini Catarina dapat membawa pengamalan dan strateginya untuk diadaptasi di Kalicari.

“Yang paling sering kena banjir sekitar Jalan Medoho dan Jalan Majapahit,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia merencanakan kerja bakti akbar bersama warga untuk membersihkan sedimen di saluran drainase kecil. Sedangkan drainase besar akan dimintakan bantuan dengan OPD yang berwenang.

Ia juga berharap ke depannya saluran drainase yang tidak memadai, bisa dibangun kembali dengan dukungan pemerintah. Dengan begitu warga nyaman dan aman dari ancaman banjir.

Di samping itu Catarina melihat sebagian warga memiliki kesadaran lingkungan tinggi. Namun ia juga menjumpai dua bank sampah yang didanai pemkot macet tak beroperasi. Padahal seharusnya dapat berjalan produktif. “Sarana prasarana yang sudah diberikan pemerintah itu menjadi tugas warga untuk menjaga dan merawatnya. Kan itu diberikan untuk kemudahan kita,” imbuhnya.

Masalah sampah juga terjadi di TPS yang tak jauh dari kantor kelurahan. Mesin pencacah sampah organik untuk membuat pupuk kompos mangkrak. Tak ada cukup tenaga untuk produksi. Selain itu lokasi TPS berantakan dan terbuka menjadikan tempat itu tak aman untuk menyimpan mesin. “Kalau untuk pengangkutan dan pemilahan dari 17 tukang sampah di kelurahan kami masih aktif sampai sekarang,” timpal petugas kelurahan bagian pengelolaan sampah.

Mengamati hal itu Catarina ingin menghidupkan kembali aktivitas di bank sampah. Lalu memupuk kesadaran warga untuk memilah sampah dari rumah.

Ia menyadari betul bahwa semua rencana tak dapat direalisasikan tanpa adanya dukungan warga setempat. Oleh karena itu saat ini ia tengah merangkul para tokoh dan membuat program perencanaan untuk 2022 mendatang. (taf/ton)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya