alexametrics

Kelurahan Bendan Duwur Kembangkan Wisata Swargo Langit

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintahan Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur terus melakukan pengawasan, dorongan dan pendampingan untuk mengembangkan tempat wisata Swargo Langit. Hal ini dilakukan tidak lain sebagai upaya pemerintah mendongkrak perekonomian masyarakat akibat korona.

Lurah Bendan Duwur R.B.A Santoso Wahyu Mahardi sangat menyayangkan adanya pandemi ini. Sebab event besar yang pernah dilakukan pada 2019 lalu sekitar sungai Tugu Suharto belum bisa digelar lagi. “Padahal kan itu event besar yang bisa meningkatkan ekonomi, masyarakat juga lewat berdagang, maupun lewat parkir,” kata Wahyu kepada Jawa Pos Radar Semarang. Namun dengan pelonggaran level 1 PPKM ini, kondisi ekonomi masing-masing warga pulih.

Swargo Langit berada di Gunung Talang, Kelurahan Bandan Duwur. Dulunya tempat ini merupakan padepokan silat, namun sudah ditinggalkan dan jarang dikunjungi oleh masyarakat. Hutan kota ini selanjutnya digunakan sebagai tempat wisata. Swargo Langit ini dibuat masyarakat secara swadaya. Konsepnya edukasi, ekosistem dan wisata. Gunung Talang sendiri adalah hutan wisata dengan luas empat hektare.

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Gajahmungkur Kampanyekan Belanja di Warung Tetangga

Sementara dalam menangani pandemi covid-19, seluruh lapisan terus digandeng dan terus dilaksanakan koordinasi dalam penanganan covid-19. Untuk penanganan dan pencegahan covid ,kelurahan menyiapkan rumah isolasi atau rumah singgah, dan Jogo tonggo. “Upaya penyemprotan desinfektan terus digencarkan, sosialisasi protokol kesehatan (prokes) dan melakukan patroli terus dilakukan hingga sekarang,” ujarnya

Kelurahan juga menggandeng babinsa, bhabinkamtibmas, PKK, RT, RW dan lainnya, untuk terus melakukan sosialisasi dari lingkup bawah. Bagi yang terkena covid-19 juga akan diberikan bantuan kebutuhan pokok yang diambilkan dari lumbung pangan jogo tonggo.

Program penanganan pandemi itu juga didukung oleh warga sendiri. Sehingga penanganan pandemi menjadi lebih cepat Selain itu, antusias percepatan vaksin juga menjadi sinergitas warga untuk saling menjaga agar tak ada lagi kasus covid-19 di wilayah kelurahan Bendan Duwur. “Selain di Kelurahan dan Puskesmas, masyarakat juga ikut serta dalam program vaksinasi yang digelar di Unika dan Untak sehingga itu menjadikan vaksin semakin cepat,” tegasnya. (bam/ton)

Baca juga:  Sudah Gunakan Sistem Online, Orang Tua Siswa masih Datangi Sekolah

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya