alexametrics

Pemerintah Kelurahan Karanganyar Terus Genjot Program Pemulihan Ekonomi Warga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Tugu terus meningkatkan ekonomi masyarakat yang selama dua tahun terdampak covid-19. Di antaranya dengan memberikan pendampingan, pelatihan dan bahkan menggerakkan Gerai Kopi Mi di kelurahan setempat.

“Cara kita untuk kembali pulihkan ekonomi masyarakat ya dengan mengadakan pelatihan-pelatihan untuk home industry yang ada di masing-masing kelurahan,” kata Lurah Karanganyar Rozikhah kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain itu industri rumahan yang ada di kelurahan juga dilibatkan ke dalam Gerai Kopi Mi. Sehingga ketika mengadakan event mereka bisa manjajakan produk dan bisa mendongkrak ekonomi. “Antusiasme masyarakat sangat luar biasa. Gerai kopi mi ini juga memberikan dampak yang sangat luar biasa. Menurut saya warga sangat terbantu dengan adanya gerakan ini,” tuturnya.

Tak hanya itu kelurahan juga memberikan pendampingan dan pelatihan kepada tempat-tempat kuliner di wilayah tersebut. Pelatihan sangat memberikan dampak positif bagi masyarakat sehingga pendapatan mereka mulai meningkat. Selain itu gairah dan semangat dagang para masyarakat juga semakin ada rohnya.

Sementara dalam menangani covid-19. kelurahan membentuk tempat isolasi mandiri. Juga program Jogo Tonggo di tiap-tiap RT. Selain itu kelurahan juga terus menyalurkan bantuan dari pemerintah kota maupun dari perusahan di wilayah Karanganyar. “Jadi warga kita banyak yang menerima bantuan karena selain dari pemkot juga bisa dapat tambah dari perusahaan. Bantuan yang diiterima berupa sembako, masker, desinfektan, handsanitizer, dan vitamin,” ujarnya.

Kelurahan juga terus turun ke wilayah untuk terus melakukan percepatan vaksinasi dengan memberlakukan penjadwalan bagi RT dan RW. Mereka membuka pos di wilayah. Dengan adanya pengawasan di posko vaksinasi, prosesnya akan terlaksana dengan baik. “Kelurahan bekerjasama dengan RT, RW, babinsa, dan bhabinkamtibmas untuk terus memberikan arahan agar warga mau divaksin,” ungkapnya.

Selain itu kelurahan juga melakukan jemput bola kepada warga lansia. Mereka dijemput dengan motor untuk datang ke sentra vaksinasi. “Untuk capaian vaksinasi di kelurahan Karanganyar saat ini mencapai 71 persen dan masih akan terus digalakkan program vaksinasi dengan melakukan pendataan kepada warga masing-masing RT yang belum vaksin dan nantinya akan diberikan undangan,” bebernya. (bam/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya