alexametrics

Kelurahan Srondol Kulon Siap Kembangkan Kampung Iwak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik akan mengembangkan potensi yang dimiliki di salah satu wilayah, RW 10 Ngasinan. Yakni dengan menyiapkan kampung tematik Kampung Iwak (Iki lho wisata air kali).

Di wilayah ini ada sendang dan pemancingan yang akan disulap dan terus dikembangkan oleh kelurahan dan RW setempat. “Kami akan rehab, akan dibikin bagus untuk menarik para wisatawan. Dengan itu maka perekonomian warga akan meningkat. Karena jika ada pengunjung nanti ada parkir, tiket, dan jualan warga setempat,” kata Lurah Srondol Kulon Indah Tri Prasasti.

Menurutnya, untuk mengikuti tren selfie para remaja dan ibu-ibu, kelurahan akan membentuk tembok tiga dimensi dan membuat karamba yang bagus di Kampung Iwak.

Selain itu, membangkitkan ekonomi masyarakat yang terdampak adanya pandemi selama kurang lebih dua tahun ini. Kelurahan juga kembali giatkan pasar pagi setiap minggu. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pasar pagi ini digelar di sepanjang jalan depan pasar UMKM Srondol .

Selain itu, untuk mengingatkan kepada pengunjung, di pintu masuk dipasang MMT area tertib masker, dan disediakan tempat cuci tangan. Jarak penjual satu dengan yang lain juga cukup jauh sehingga tidak menyebabkan kerumunan.

Pedagang juga diminta untuk menyiapkan handsanitizer di lapaknya masing-masing. “Ini sebagai langkah antisipasi mencegah peningkatan kasus covid-19. Namun masih tetap bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi. Kelurahan selalu memantau untuk mengingatkan penerapan prokes. Dalam menangani covid-19 selama ini kelurahan terus melakukan sinergi dengan berbagai stakeholder dan organisasi. Kelurahan juga terus meminta warga usia 12 tahun ke atas untuk segera melakukan vaksinasi.

Setiap minggu, kelurahan bersama RT dan RW melakukan penyemprotan desinfektan di tempat-tempat umum yang sering dijangkau masyarakat. Sementara jika ada warga yang terpapar covid-19, kelurahan juga meneyediakan tempat isolasi.

Tak hanya itu, Jogo Tonggo juga selalu digalakkan untuk memberikan bantuan bahan pokok bagi para penderita covid-19. “Saat ini capaian vaksinasi di kelurahan Srondol Kulon sendiri sudah mencapai 75 persen, baik vaksin pertama maupun kedua,” akunya. (bam/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Lainnya

Terjadi Longsor Susulan, Warga Ngasinan Was-Was

Sembilan Orang di Jateng Positif Omicron

Urus Dokumen Kependudukan Sendiri, Tidak Perlu Bayar

Suami Kuliah S2, Lady Ditinggal Begitu Saja

Populer

Artikel Menarik Lainnya