alexametrics

Kelurahan Kalibanteng Kulon Siapkan Shelter UMKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat menggandeng berbagai instansi untuk memberdayakan masyarakat yang terdampak pandemi. Pelatihan tata boga digelar untuk melatih keterampilan warga. Shelter UMKM dibangun sebagai lokasi berjualan

Lurah Kalibanteng Kulon Syukri menjelaskan, pelatihan tata boga ini diselenggarakan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN). Pesertanya 10 kelompok kader yang melakukan aktivitas industri rumahan

Diakui, ia memacu untuk memberdayakan potensi wilayah melalui pelatihan tataboga dari BNN untuk memunculkan produk-produk yang dapat disalurkan. Bahkan, akan dipamerkan dan dipasarkan di hotel berbintang. “Kemarin, Bu Titik bagian humas sudah melobi ke hotel. Kemungkinan besar bisa lah,” katanya.

Ia berusaha membantu warganya yang kehilangan pekerjaan melalui program UMKM dan memberdayakan kreativitas. Karena pihaknya sudah berkoordinasi dengan BNN dan sudah dikasih peluang.

Musuh saat ini adalah pandemi covid-19. Terkadang masyarakat terlena karena kasus covid-19. Kendati demikian, yang harus diwaspadai justru orang tanpa gejala. “Hingga kini kami masih mengadakan patroli PPKM,” katanya.

Pihaknya selalu berkoordinasi dengan puskesmas untuk melakukan vaksinasi. Bahkan, lebih dari 70 persen warga sudah tervaksin. Ia selalu menginfokan dan memantau warga yang belum vaksin melalui ketua RT, ketua RW. “Alhamdulillah, di sini tidak ada kasus,” katanya.

Pihaknya memberikan pendekatan kepada masyarakat agar melakukan vaksinasi. Ia menanyakan alasannya mengapa kok tidak vaksin. Apabila karena takut, nanti repot sendiri karena semuanya harus menunjukkan kartu vaksin, selain untuk antibodi. “Kita evaluasi terus dan koordinasi dengan puskesmas untuk lakukan vaksinasi,” jelasnya.

Kelurahan Kalibanteng Kulon memiliki Kampung Tematik Singkong Krispi di RW 3. Tahun ini, Kelurahan Kalibanteng Kulon mengusulkan kampung tematik baru, yakni Kampung Tematik Kuliner di RW 4. Kampung Tematik Kuliner saat ini masih dalam tahap pembangunan shelter UMKM. Dari sepuluh shelter, enam untuk masing-masing RW, empat lainnya digulirkan kepada lembaga-lembaga secara bergantian. “Shelter sudah jadi, tapi belum finishing. Nanti kalau sudah selesai baru penyerahan,” jelasnya.

Ia berharap, kampung tematik kuliner RW 4 bisa memulihkan perekonomian. Karena berawal dari lahan kosong dan potensial untuk memulihkan ekonomi. “Kelompok UMKM masing-masing RW ada,” jelasnya.

Pihak kelurahan Kalibanteng Kulon selalu mengadakan bazar melalui Jumat Berkah. Selain itu mensosialisasikan kepada pokja agar melakukan kegiatannya kembali dengan menaati protokol kesehatan. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Lainnya

Populer

Artikel Menarik Lainnya