alexametrics

Kelurahan Kalibanteng Kidul Tanam Toga untuk Terajari

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pulihkan ekonomi dengan pasar malam minggu di Kampung Bali Terjari. Pemerintah Kelurahan Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat terus mengedukasi warga untuk taat protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.

Lurah Kalibanteng Kidul Suratminah menjelaskan, di Kalibanteng Kidul terdapat Kampung Bali Terajari (Kampung Bali Terapi Uap Jahe Serih) yang berada di wilayah RT 3 RW 3. Inovasi kampung tersebut dimulai ketika lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) tingkat kota Semarang yang mewakili kecamatan Semarang Barat.

Di kampung ini, warga menanam berbagai macam tanaman obat keluarga (toga). “Itu kan bisa dimanfaatkan untuk terapi terajari” katanya.

Selanjutnya terdapat Kampung Tematik Rajut di RT 8 RW 3. Diketuai oleh Tatik Rodianah, Kampung Rajut memroduksi tas, dompet, sepatu, dan masker. Dulunya rutin seminggu sekali untuk kegiatan merajut, namun ketika pandemi kegiatan merajut dilakukan di rumah masing-masing. “Sementara ini sendiri-sendiri dan promosikan lewat online dan getok tular,” kata Tatik Rodianah.

Baca juga:  Terus Pantau dan Kembangkan Kampung Tematik Kreatif di Kelurahan Kauman

Pemerintah kelurahan mendukung upaya warga untuk mempopulerkan kampung-kampung tematik ini. Kelurahan membantu publikasi agar masyarakat dari luar Kalibanteng Kidul tertarik berkunjung. Bahkan bisa menjadi destinasi wisata baru. “Kami berupaya agar memberikan inovasi dalam memulihkan ekonomi,” jelasnya.

Penanganan covid-19 di Kelurahan Kalibanteng Kidul dilakukan dengan cara berkoordinasi dengan ketua RT, ketua RW, tim penggerak PKK untuk mengadakan lumbung pangan. Berbagai bahan pangan ini dipasok untuk warga yang melakukan isoman supaya kebutuhannya tercukupi.

Diakui, pada pertengahan Juni-Juli 2021 lalu banyak warga isoman yang meninggal dunia. Sehingga pihaknya menggandeng relawan dari masyarakat dan dibantu puskesmas agar mendata warganya yang melakukan isoman. Selain itu, pihaknya selalu mengedukasi warganya agar tetap prokes dan jangan takut untuk menggotong jenazah yang terpapar covid-19. “Jadi, kami mengupayakan masyarakat bisa ditangani dengan baik,” katanya.

Baca juga:  Ekonomi Warga Kelurahan Tlogomulyo Meningkat dari Jualan Ban Bekas

Terdapat dapur umum dan rumah isolasi mandiri terpusat di RW 1. Berkat bergerak bersama, kini di Kelurahan Kalibanteng Kidul tidak ada kasus covid-19. Tapi program vaksinasi terus ditingkatkan. “Karena vaksin bisa membentengi diri sendiri dan keluarga dari covid-19. Puji Tuhan, satu demi satu disehatkan,” katanya. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya