alexametrics

Kelurahan Bangetayu Kulon Rintis Kampung Tematik Literasi dan Ngaji

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Kelurahan Bangetayu Kulon, Kecamatan Genuk sedang mengembangkan kampung tematik baru. Berbagai pembenahan fisik maupun spiritual terus ditingkatkan.

Lurah Bangetayu Kulon Titik Nuraini menjelaskan, potensi di Bangetayu Kulon terdapat Kampung Tematik Jajan Pasar di RW 3. Kampung tematik yang diketuai Siti Wikanah ini sudah berdiri sejak 2019.

Kini sedang dirintis kampung tematik lainnya. Yakni Kampung Tematik Literasi dan Ngaji di RW 11. Karena di wilayah ini banyak pengajian dan fasilitas penunjang umum seperti pos PAUD, TPQ, dan musala. “Kalau kegiatannya banyak,” kata Titik.

Diakuinya, wilayah Bangetayu Kulon termasuk langganan banjir. Sehingga pihaknya berencana mengusulkan pembangunan saluran dan pembangunan insfrastruktur peninggian jalan. “Terus kalau kampung tematik akan dipercantik sebagai ciri khas,” katanya

Baca juga:  Berburu Gilo-Gilo, Street Food Khas Semarang yang Patut Dicoba

Pemulihan ekonomi di Kelurahan Bangetayu Kulon dilakukan melalui pelatihan-pelatihan. Seperti pelatihan variasi pembuatan jajan, olahan makanan, dan kemasan. “Agar ekonomi dapat pulih kembali,” jelasnya.

Saat ini, Kampung Tematik Jajan Pasar sudah berjalan. Pemasarannya sudah sampai di luar wilayah Bangetayu Kulon. Bahkan ada yang sudah jadi langganan tetap. Ada aneka macam jajan pasar. Seperti getuk, nasi merah, gudangan dan jajan pasar lainnya. “Kalau pagi laris,” katanya.

Sementara masyarakat di Kampung Tematik Ngaji dan Literasi secara rutin menggelar pengajian tiap malam Jumat. Kegiatan literasi bagi anak-anak dilaksanakan dengan pelatihan membuat cerpen.

Terkait penanganan covid, vaksinasi di Bangetayu Kulon sudah mencapai 80 persen. Program jemput bola dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi. “Warga kami antusias,” kata Titik.

Baca juga:  Setiap RW di Kelurahan Tegalsari Punya Bazar UMKM

Pihaknya selalu memberikan sosialisasi agar warga mau melakukan vaksin. Apalagi saat ini untuk bepergian, kartu vaksin menjadi salah satu syarat. Ketika menggelar sosialisasi prokes, pihaknya selalu membawa masker dan dibagikan ketika operasi PPKM. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya