alexametrics

Kelurahan Wates Gandeng Pihak Ketiga Kembangkan Potensi Wilayah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Banyak potensi di Kelurahan Wates, Kecamatan Ngaliyan. Seperti susu perah, sendang, hingga jambu kristal. Pemerintah kelurahan menggandeng CSR pihak ketiga untuk mengembangkan jambu kristal.

Lurah Wates Yulita Ekowati menjelaskan di RW 2 terdapat Kampung Tematik Jambu Kristal. Sepanjang jalan dari gapura hingga masuk RW 2 ditanami pohon jambu. Bahkan, di setiap halaman rumah warga juga ada pohon jambu kristal dalam tong.

Diakui, jambu kristal sangat berpotensi. Karena jambu kristal mudah ditanam, mudah berbuah, dan harganya bisa bersaing. Bahkan, terdapat tanah yang luas dulunya ditanami sengon diubah menjadi taman jambu kristal. “Sudah datang pembeli, tidak susah memasarkannya,” katanya.

Perlu peningkatan produk terhadap jambu kristal. Pihaknya bekerja sama dengan Undip yang mengusung Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa). PHPPD mengadakan pelatihan pembuatan kue pastry dengan selai jambu kristal. Selain itu, terdapat madu mongso yang terbuat dari ketan ditambah dengan jambu kristal. “Sehingga rasa madu mongsonya ada asam, manisnya,” katanya.

Baca juga:  Terdampak Proyek Pelebaran Jalan, 22 Lapak PKL Dirobohkan

Diakui, sebetulnya banyak olahan yang dapat dibuat dari jambu kristal, seperti produk-produk seperti sari buah, dan keripik dari Malang. Kendati demikian, pihaknya merintis dengan dua produk, yakni pastry dan madu mongso. “Itu merupakan agenda dari pelatihan PHPPD,” jelasnya.

Lalu di RW 1 ada kelompok ternak sapi. Mereka merawat dan mengembangkan susu sapi yang dihasilkan setiap hari. Kini, susu yang dihasilkan diolah menjadi berbagai macam rasa, bahkan yogurt. “Dia berjualan di rumah. Dan didatangi pelanggan langsung habis dan banyak warga harus pesan. Pemasarannya lewat online,” katanya.

Di RW 3 terdapat Sendang Sirendeng. Diakui, pihaknya mengikuti lomba ngopeni sendang dengan mengirimkan video. Sedangkan di RW 4 Kelurahan Wates masih diupayakan untuk memunculkan potensi wilayah yang menjadi ciri khas.

Baca juga:  Kelurahan Wonoplumbon Siapkan Hadiah untuk Pembayar PBB

Pemerintah Kelurahan Wates selalu memotivasi masyarakatnya untuk semangat kembali, selalu bangkit kembali dari keterpurukan. Beberapa pelatihan-pelatihan melalui pemberdayaan perempuan anak sudah diadakan kembali untuk memberikan motivasi. “Kita gerakkan lagi kegiatannya, dengan protokol kesehatannya jangan sampai kendor,” katanya. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya