alexametrics

Kelurahan Jomblang Gandeng FKPM Selesaikan Masalah Warga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pihak Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari selalu bersinergi dengan LPMK, tokoh masyarakat, kader-kader PKK, dan sebagainya. Bahkan, Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) juga membantu menangani segala permasalahan di Kelurahan Jomblang.

FKPM selalu melakukan patroli PPKM dan membagikan bantuan secara bersama-sama. “Kita pendekatan, tapi harus memakai protokol kesehatan. Tugas kita mengingatkan kembali, dan tetap waspada,” jelas Lurah Jomblang Yulistiyono.

Kelurahan Jomblang memiliki komponen masyarakat yang bersinergi satu sama lain. Bahkan, tidak perlu menunggu untuk bersinergi. “Kami mengedukasi pemilik warung dan masyarakatnya,” kata Yulistiyono sambil melihatkan video sinergi PPKM kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ketua FKPM Jomblang Moch Arof menjelaskan, tugas lurah sangat berat apalagi lurah baru. Mayoritas masyarakat memiliki perekonomian menengah ke bawah. Sehingga di Jomblang banyak sekali kriminalitas. “Pokoknya beliau kalau ada apa-apa kita bantu,” katanya.

Baca juga:  Kelurahan Karangtempel Jajakan UMKM Lewat Gerai Virtual

Yulistiyono menambahkan, pihaknya bersama FKPM hampir tiap Jumat membagikan safari Jumat berkah dengan membawa 15 bingkisan sembako. Bantuan ini dibagikan pada lansia, difabel, dan warga kurang mampu.

Sejumlah kegiatan juga dilakukan sebagai upaya pemulihan ekonomi. Seperti memberikan pelatihan penjualan online. “Kami memanggil ketua Gerai Kopi Mi untuk menciptakan trobosan tersebut,” jelasnya.

Selain itu, produk UMKM di Kelurahan Jomblang dibagikan ke grup-grup WA RT, RW, dan PKK. Ia juga mempersilakan produk UMKM ditawarkan pada saat pertemuan kelembagaan. “Setiap kesempatan yang ada, kita berdayakaan,” ungkapnya.

Yulistiyono mempunyai keinginan produk UMKM bisa menerobos ke pasar swalayan. Ia memberdayakan pelaku UMKM untuk membuat kemasan yang menarik dari sisi kesehatan, branding yang mudah dikenali dan PRIT yang bisa dipertanggungjawabkan. (fgr/ton)

Baca juga:  Vaksinasi Drive Thru Balai Kota Semarang Targetkan 50 Orang Tiap Malam

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya