alexametrics

Kelurahan Gayamsari Bangkitkan Kampung Tematik Seni dan Kreatif

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Gayamsari, Kecamatan Gayamsari membangkitkan Kampung Tematik Seni dan Kreatif. Berada di RW 3, kampung tersebut mulai diaktifkan kembali dengan mengadakan pelatihan pranatacara dan karawitan.

Lurah Gayamsari Endang Sri Wahyuni menjelaskan Kampung Seni dan Kreatif sempat mati suri karena pandemi. Tidak ada kegiatan apapun di kampung tersebut. “Sekarang sudah landai covid-19. Sudah ada lagi, yang namanya pranatacara, dan karawitan yang diikuti oleh RT, RW, LPMK dan warga sekitar,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang

Diakui, kesenian di Kampung Tematik Seni dan Kreatif sering dipentaskan untuk menyambut tamu dari luar daerah maupun pemerintahan. “Jadi ini lho karawitan,” jelasnya.

Baca juga:  Kembangkan CLBK dan Kobuka

Selain itu, Kampung Tematik Tahu Bakso juga jadi andalan. Kampung ini merupakan daerah produsen tahu bakso, olahan daging gilingan, ataupun segala perlengkapan untuk membuat bakso. Kampung Tahu Bakso berada di RW 8. Sekitar 30 warga menjadi produsen tahu bakso. Produknya dipasarkan ke Pasar Jatingaleh, bahkan sampai ke Kudus.

Dirinya berencana untuk mengadakan bazar UMKM di Kampung Tematik Tahu Bakso dengan kolaborasi UMKM yang ada di Kelurahan Gayamsari. “Nantinya akan ditampilkan hasil UMKM di Kelurahan Gayamsari,” katanya.

Kelurahan Gayamsari memiliki program inovatif untuk meningkatkan semangat masyarakatnya di kala pandemi. Seperti bazar UMKM di Kelurahan Gayamsari. Nantinya ada beberapa lomba seperti lomba dekorasi dan lomba kualitas produk. Bazar UMKM ini akan dilaksanakan secara langsung atau tatap muka dengan prokes tentunya. (fgr/mg15/mg20/ton)

Baca juga:  Olahan Mangga dan Jambu di Kelurahan Sembungharjo Punya Nilai Lebih

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya