alexametrics

Kelurahan Sumurrejo Gandeng CSR Kembangkan Olahan Tempe

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Pemerintah Kelurahan Sumurrejo, Kecamatan Gunungpati menggandeng CSR perusahaan untuk mengembangkan olahan tempe yang lebih modern. Dulunya produksi olahan kedelai masih tradisional.

Namun, dengan kerja sama dengan Unnes melalui sistem uap, produksi meningkat. Kemasan yang sudah mulai modern menjadi nilai tambah. “Sekarang sudah modern, untuk naker mau harga berapa sudah ada alatnya,” kata Marsumul, Lurah Sumurrejo.

Lurah Sumurrejo Marsumul menjelaskan selain produksi yang sudah modern, pihaknya juga menggandeng LPPM untuk produksi yang lebih modern, seperti dibuat nugget, coklat, ceriping, dan beberapa olahan makanan lainnya. “Kita bikin Kampung Oke sekitar tahun 2017 di RW 4. Ada 20an warga yang memproduksi olahan kedelai,” katanya.

Baca juga:  Progres Proyek RSUD Mijen Baru 8 Persen

Selain itu, limbah dari olahan kedelai juga bermanfaat untuk makanan ternak sapi perah. Ternak sapi perah dikelola oleh Kelompok Ternak Rejeki Lumintu. “Limbah yang kecing, dikumpulkan ke jeriken untuk minum sapi. Karena nutrisinya bagus untuk ternak sapi,” jelasnya.

Pihaknya juga menggalakkan Kampung Siaga Candi Hebat. Bahkan sempat juara dalam kategori penanganan covid mewakili Kota Semarang.

Untuk program pemulihan ekonomi, ada area Taman Amongrogo. Tiap Sabtu sore digelar pasar khusus UMKM warga lokal, ketika malamnya ada hiburan. Paginya ada kegiatan.

Selain Sabtu dan Minggu, masyarakat memanfaatkan media sosial WA untuk mempromosikan produk UMKM. “Setelah level satu diumumkan, masyarakat langsung menggeliat untuk pemulihan ekonomi,” katanya.

Baca juga:  Diduga Lecehkan Korban Pelecehan yang Melapor, Kasatreskrim Boyolali Dicopot

Ketau RW 3 Kelurahan Sumurrejo Rozak menjelaskan, program yang dilakukan oleh pemerintah dalam penangan covid-19 sangatlah efisien dan sangat bermanfaat. Selain itu, terdapat Minapolitan yang menggandeng Dinas Perikanan untuk memenuhi gizi masyarakat melalui budidaya ikan. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya