alexametrics

Kampung Logam di Kelurahan Bugangan Terus Berkembang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Masyarakat Kelurahan Bugangan, Kecamatan Semarang Timur memiliki kreativitas dalam penanganan Covid-19. Salah satunya dengan membuat sendiri alat sprayer desinfektan. Banyaknya UMKM yang bergerak di bidang kerajinan logam membuat warga mudah mendapatkan berbagai alat dalam penangan Covid. Pembuatan sprayer desinfektan dan alat cuci tangan dilakukan di Kampung Logam RW 1, Kelurahan Bugangan.

Lurah Bugangan Lilis Mugirahayu menjelaskan, pemerintah menjadi fasilitator dalam penanganan Covid-19. Seperti membentuk lumbung pangan kelurahan, patroli PPKM, hingga pemberian bantuan. Pihaknya juga memberdayakan Kampung Logam untuk membuat desinfektan dan alat cuci tangan atau wastafel.

Ia berharap Kampung Lgam yang menjadi ciri khas Kelurahan Bugangan semakin berkembang. Banyak produk dari Kampung Logam, seperti perkakas rumah tangga, wajan, ompreng, panci. “Bahkan ketika pandemi, mereka membuat sprayer yang digunakan untuk penyemprotan desinfektan dan wastafel,” imbuhnya.

Baca juga:  Jembatan Besi Sampangan segera Difungsikan

Upaya pemulihan ekonomi dilakukan Kelurahan Bugangan menggandeng Dinas Koperasi dan UMKM. Pelaku UMKM bisa mendapatkan pinjaman modal dengan bunga yang sangat ringan. Selain itu, pihaknya kini mulai mendata kembali UMKM yang berada di Kelurahan Bugangan. Karena rencananya akan kembali ada peminjaman modal dengan kredit yang cukup ringan. “Harapannya dengan peminjaman modal ini, para pelaku UMKM semakin terbantu,” tuturnya.

Lilis mengungkapkan, terdapat pelatihan-pelatihan untuk memberdayakan para pelaku UMKM. Selain itu, ia juga berencana membuat pasar UMKM di depan Kelurahan Bugangan setiap minggunya. “Jadi kan sudah ada pasar tiban di Citarum. Harapannya ya ada pasar UMKM,” (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya