alexametrics

Kelurahan Tanjung Mas Siapkan City Tour Kampung Bahari dan Kota Lama

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Potensi wisata terdapat di wilayah Kelurahan Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara. Apalagi Kota Lama menjadi bagian dari kelurahan ini. Kampung Bahari diharapkan jadi potensi wisata berikutnya yang mampu menyedot perhatian wisatawan.

Lurah Tanjung Mas Sony Yudha Putra Pradana mengatakan, wilayahnya terdiri dari 16 RW yang membentang dari Kota Lama sampai Tambaklorok. Kota Lama sudah identik dengan Semarang. Termasuk wisata unggulan.

Kini, di Tanjung Mas juga sedang dikembangkan wisata Kampung Bahari ataupun di Kampung Nelayan. Ia sangat berharap dukungan dari masyarakat bisa berbondong-bondong datang ke Tanjung Mas. “Rencananya ada city tour. Itu wisata, kita masuk yang di tipe B. Masuk ke Kampung Bahari, ke MAJT, baru ke Kota lama,” jelasnya.

Baca juga:  Pemerintah Kecamatan Pedurungan Berdayakan UMKM, Bentuk Coworking Space

Kasi Tramtib Kelurahan Tanjung Mas Subeno menambahkan, pihaknya juga bekerja sama dengan UMKM di Tanjung Mas untuk menambah daya tarik turis domestik maupun mancanegara saat berkunjung di wilayah Tanjung Mas.

Seperti mengaktifkan sumber daya di Kampung Bahari yang akan dijadikan tempat wisata. “Di dalamnya akan mengedukasi wisatawan untuk mengolah ikan, terasi, dan sebagainya,” katanya.

Masyarakat juga akan dirangkul untuk mendukung potensi wisata di Tanjung Mas. Sehingga tidak ada stigma di masyarakat bahwa Tanjung Mas termasuk wilayah yang ditakuti. “Masyarakatnya di sini ramah-ramah dan sangat antusias,” katanya.

Sejumlah pelatihan juga digelar untuk menambah keterampilan warga. Seperti pembuatan pupuk atau pembentukan Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Bahagia di RW 9. Pihak kelurahan juga menggandeng BKM untuk pemodalan usaha. Pemberdayaan masyarakat dengan bekerja sama dengan berbagai OPD.

Baca juga:  Sulap Desa Tertinggal jadi Desa Digital

“Jadi masyarakat harus tahu di sini ada Tempat Pelelangan Ikan. Kami akan dorong masyarakat supaya meningkatkan perekonomian. Kami promosikan besar-besaran,” kata Sony. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya