alexametrics

Kelurahan Pandansari Sinergikan Sukarelawan dalam Penanganan Covid

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Dalam penanganan covid-19, Pemerintah Kelurahan Pandansari, Kecamatan Semarang Tengah menggandeng dokter Lukas untuk menangani covid-19 sebelum masuk ke puskesmas maupun rumah sakit.Pihaknya juga menggandeng seluruh lembaga yang ada di Kelurahan Pandansari agar selalu mensosialisasikan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Lurah Pandansari Puji Rustanto menjelaskan pemerintah sempat kelabakan karena lonjakan pandemi covid-19. Apalagi banyak tenaga kesehatan yang berguguran. Beruntung ada salah satu warga yang berprofesi dokter bersedia menjadi sukarelawan penanganan covid-19. “Beliau memeriksa warga yang mengalami gejala covid. Tentunya kami juga berkoordinasi dengan Puskesmas Miroto,” kata Puji. Jajaran aparat di Pandansari selalu berniergi dengan sukarelawan.

Sebagai antisipasi lonjakan pasien, pihak kelurahan juga menyediakan tempat isolasi mandiri. Ada 3 tempat tidur dengan fasilitas AC, free wifi. Persediaan makanan untuk warga yang melakukan isolasi mandiri juga ada. Namun, selama pandemi tidak pernah digunakan oleh warga Pandansari.

Baca juga:  2021, Fokus Pemulihan Ekonomi

Puji menjelaskan, potensi wilayah yang berada di Pandansari adalah daun pandan. Banyak UMKM yang memanfaatkan daun pandan, seperti dalam pembuatan kue, apem, wingko babat, dan posung. “Kami selalu mendorong warga agar selalu menanam daun pandan sebagai ciri khas Kelurahan Pandansari,” jelasnya.

Dalam upaya meningkatkan sumber daya msyarakatnya, pihaknya menyediakan pos PAUD dan menyelenggarakan berbagai pelatihan. Berbagai pelatihan untuk membekali warganya dalam memunculkan produk baru, yakni pelatihan pembuatan taplak meja, mozaik kayu, dan sarung bantal. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya