alexametrics

Kelurahan Kedungpane Terus Kembangkan Pariwisata dan Bangkitkan UMKM

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Beragam potensi wisata ada di Kelurahan Kedungpane, Kecamatan Mijen. Bila dikembangkan dengan sungguh-sungguh, tentu bisa menambah kesejahteraan warga setempat.

Objek wisata unggulan di kedungpane adalah Waduk Jatibarang dan Pereng Bedugul Jamalsari. Sejak September lalu, Waduk Jatibarang sudah dibuka kembali untuk plesiran. Pengunjung bisa menikmati pemancingan atau berkelili waduk menggunakan perahu. Untuk bisa masuk tempat wisata ini, pengunjung ditarik biaya Rp 15 ribu per orang.

Pereng Bedugul Jamalsari juga sudah dibuka sejak September. Di sini terdapat pasar kuliner. Di dalamnya terdapat UMKM dari warga setiap Minggu. Semua dikelola warga dengan mengusung wisata murah.

Lurah Kedungpane Tri Sari Utami menjelaskan, siap melanjutkan program kerja yang belum selesai semasa lurah sebelumnya. “Terutama dari sektor pariwisata. Kita punya Bedugul yang berada di tepi waduk Jatibarang. Rencananya ya untuk membangkitkan UMKM warga melalui wisata tersebut,” katanya.

Baca juga:  94 Atlet Semarang Tampil di PON Papua, Wali Kota Hendi: Sudah saya siapkan Bonus

Ia berencana menggandeng dinas terkait untuk mengenalkan wilayahnya supaya menjadi daerah wisata yang maju. “Bagus itu, pinginnya seperti Bedugul di Bali,”

Selama pandemi, terdapat KWT di RW 4 yang berhasil menanam sayur dan sudah memanen. Pupuknya berasal dari pelatihan ecoenzym (pupuk terbuat dari limbah). Tentu kebun sayur ini benar-benar membantu warga dalam memenuhi kebutuhan dapur.

Terkait penerapan protokol kesehatan, pihak kelurahan selalu mengawasi ketat kegiatan warga. Bila ada yang menggelar hajatan, wajib membuat surat pernyataan akan mematuhi prokes. Sehingga bila terbukti melanggar, bisa dibubarkan oleh aparat. Dengan adanya program ini, masyarakat terbukti patuh. Ia bersyukur Kasus covid-19 sudah melandai dan banyak warga yang sudah memulai bekerja seperti biasa dengan protokol kesehatan. (fgr/ton)

Baca juga:  Salat Jumat Perdana, Jamaah Anak Dilarang  

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya