alexametrics

Pemerintah Kelurahan Sambirejo Sinergikan Warga untuk Bantu Warga

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Maksimalkan kerja sama warga yang mampu untuk ketahanan pangan selama pandemi. Manfaaatkan wilayah yang strategis untuk mengembangkan UMKM.

Pemerintah Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari memiliki program-program untuk menangani covid-19. Seperti, menyediakan tempat isolasi mandiri di balai kelurahan, rutin melakukan operasi masker setiap harinya. Pihaknya melakukan kerja sama dengan warga yang perekonomiannya mampu untuk saling membantu dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

Lurah Sambirejo Akbar Ali Nurdin menjelaskan, untuk menangani covid-19 diperlukan sinergitas dengan seluruh masyarakat. Semua harus bergerak bersama.

Setiap Jumat, Kelurahan Sambirejo menggelar program Jumat berkah dari warga untuk warga. Jumat Berkah merupakan bantuan berupa nasi kotak atau sembako. Nasi kotak langsung dibagikan kepada masyarakat, tetapi bingkisan yang berupa sembako, seperti beras, sayur, dan lauk akan dicantelkan ke pagar gapura dekat kelurahan. “Jadi masyarakat bisa memilih sesuai seleranya,” katanya.

Baca juga:  Terus Kembangkan Kampung Tematik Hijau di Kelurahan Panggung Lor

Potensi yang dimiliki oleh Keluruhan Sambirejo sangatlah banyak. Terutama karena wilayahnya yang sangat strategis, yakni diapit oleh relokasi Pasar Johar dan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT). Bahkan Jalan Jolotundo sangat ramai pada malam hari, karena ada kafe dan PKL yang mangkal di sana. Sehingga UMKM warga di Kelurahan Sambirejo banyak yang berkembang. “Karena mayoritas yang menjadi pedagang di MAJT, relokasi Pasar Johar, dan di pinggir Jalan Jolotundo adalah warga kami. Sekarang ramai itu, mas,” ungkapnya.

Diakui, pihaknya bersinergi dengan Maznas agar para pelaku UMKM di MAJT mendapatkan pendampingan. Selain itu, para pelaku UMKM dapat saling bersinergi melalui Gerai Kopi Mi. “Di sana, para pelaku UMKM saling berkabar dan bertukar inovasi produknya,” jelasnya.

Baca juga:  Pameran UMKM Masih Sepi Pengunjung

Potensi masyarakat kelurahan Sambirejo lain, seperti pembuat sudi, pembuat tempe, dan pembuat piala. “Di Sambirejo ada Kampung Tempe, bahkan sudah bekerja sama dengan PT. Indofood sebagai penyedia bahan baku,” akunya.

Ia berharap agar pelebaran Jalan Gajah segera terealisasi. Karena diyakini UMKM akan lebih berkembang dan maju ketika fasilitas umum memadai, seperti jalan raya yang sudah diperbaiki. Serta ada pelatihan-pelatihan untuk pemberdayaan perempuan, seperti karya dari limbah. (fgr/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya