alexametrics

Kelurahan Jerakah Berencana Tambah Kampung Tematik Gemar Membaca

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Berbagai potensi di wilayah Kelurahan Jerakah, Kecamatan Tugu terus digali. Sejumlah pelatihan digelar untuk warga dengan harapan bisa meningkatkan keterampilannya.

Lurah Jerakah Sukiyono menjelaskan, selama dua tahun menjadi lurah, dirinya belum menemukan potensi wilayah di Kelurahan Jerakah. Padahal, terdapat Kampung Tematik Ramah Anak yang berada di Kelurahan Jerakah. “Saya di sini juga masih menggali. Apa to yang menjadi ciri khas Jerakah,” katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dalam penanganan covid-19, pihaknya selalu koordinasi dengan RT, RW, PKK, LPMK untuk mengendalikan pandemi covid-19. Selain itu, pihaknya menggandeng CSR pihak lain untuk membantu meringankan beban warga. “Jadi kita mengingatkan dengan pengeras suara. Muter dari RW ke RW,” jelasnya.

Baca juga:  Cutting Jalan Siliwangi Terkendala Padatnya Arus Lalu Lintas

Kendati demikian, Sukiyono berencana untuk mengusulkan kampung tematik baru yang bernama Kampung Tematik Gemar Membaca. Rencananya, dengan memanfaatkan tanah yang seluas sekitar 100 meter persegi untuk dijadikan balai atau gazebo. Di dalamnya terdapat perpustakaan untuk pusat kegiatan anak dalam membaca, karang taruna.

Selain itu, secara tidak langsung menjauhkan anak dari gadget. “Jadi, secara tidak langsung para pelaku UMKM bisa berjualan di sekitar Kampung Tematik Gemar Membaca. Di situ tidak nongkrong main HP, tapi membaca,” harapnya.

Terdapat beberapa UMKM di Kelurahan Jerakah. Seperti bebek plesir, katering, madu, dan lain-lain. Diakui, ketika ada sebuah kegiatan, pihaknya selalu melibatkan UMKM di wilayahnya. Dengan memesan makanan dari UMKM setempat, maka perekonomian warga juga bisa terangkat. (fgr/ton)

Baca juga:  Pamerkan Karya Logam Zaman Mataram Kuno

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya