alexametrics

Ekonomi Kembali Bergerak di Kampung Asap Kelurahan Bandarharjo

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Aktivitas masyarakat Kelurahan Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara berangsur membaik. Kegiatan dengan banyak peserta digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Pemulihan ekonomi juga terus diupayakan.

Lurah Bandarharjo Emi Setiana Estu Handayani menjelaskan, ketika ada perkumpulan apapun itu, pihaknya selalu mengimbau agar menaati protokol kesehatan. Pihaknya selalu bersinergi dengan ketua RT dan ketua RW.

“Kami memantau dari ketua RT dan RW. Sehingga tugas kami menjadi lebih terkoordinir dengan baik,” jelasnya. Selain itu, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan untuk mengadakan berbagai bakti sosial, seperti bantuan sembako dan vaksinasi.

Emi menambahkan, Kampung Asap menjadi ciri khas dari Kelurahan Bandarharjo. Kampung tematik yang memproduksi ikan asap ini berada di RW 2. Banyak masyarakat yang menjadi pelaku UMKM pengasapan ikan.

Baca juga:  Buka Kran Komunikasi di Tingkat RT/RW

Bila aktivitas pedagangan di kampung ini kembali bergulir, maka roda perekonomian warga kembali bergerak seperti sebelum pandemi. “Jadi, dari hasil laut kemudian diasapi,” katanya.

Selain itu, terdapat kegiatan gantangan di RW 2. Gantangan merupakan lomba kicau burung yang diadakan seminggu sekali. Dimulai sejak tiga bulan yang lalu. “Kalau ada lomba pasti ada konsumsinya. Nah, di sekitar gantangan, pasti ada orang berjualan. Entah itu es ataupun makanan,” ungkapnya.

Ia berharap melalui kampung tematik, gerai kopimi, dan kegiatan yang melibatkan masyarakat seperti gantangan bisa menjadi program dalam mengupayakan pemulihan ekonomi di Bandarharjo. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya