alexametrics

Aplikasi Si Datang Pantau Warga Pendatang di Kelurahan Sumurboto

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Lambat laun pada masa pandemi ini telah menjadi bagian dari masyarakat. Mau tidak mau masyarakat harus hidup berdampingan dengan covid-19. Dengan begitu ekonomi masyarakat akan kembali pulih dengan sendirinya secara bertahap.

Meskipun harus berdampingan hidup dengan covid-19, masyarakat harus tetap waspada dengan melaksanakan segala protokol kesehatan yang ada. Karena masyarakat tidak akan pernah tahu versi apa yang akan datang lagi setelah adanya varian Delta. Dari awal penyebaran Covid-19 ini, pemerintah Kelurahan Sumurboto sudah melaksanakan segala upaya penanganan dan pencegahan.

Lurah Sumurboto Moh Ediyono menjelaskan, di awal pandemi muncul, kelurahan Sumurboto menggunakan aplikasi “Si Datang”. Aplikasi ini berfungsi untuk mendata siapa saja, pendatang yang masuk ke kawasan Sumurboto. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mengawasi jejak para pendatang, karena dikhawatirkan mereka akan menyebarkan virus ini. “Dengan adanya aplikasi ini sendiri, memudahkan kita dalam mengawasi para pendatang,” tutur Ediyono kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Selain itu, Edi juga sudah menjalankan arahan yang diberikan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi seperti melaksanakan penyemprotan rutin desinfektan, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pembentukan Satgas Penanganan Covid, hingga menjalankan program Kampung Siaga Candi Hebat.

Baca juga:  ‘Papi Junior’ di Semarang Rekrut Korban lewat Facebook

“Kita menjalankan, segala yang ada di dalam peraturan wali kota, masyarakat juga diwajibkan untuk melaksanakan 3 M, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan dan juga menghindari kerumunan,” sambungnya.

Untuk menjalankan semua program ini, Kelurahan Sumurboto bekerja sama dengan semua elemen yang ada di kelurahan Sumurboto, seperti TNI, Polri, tenaga kesehatan (puskesmas), dan segenap warga Sumurboto, sehingga semuanya berjalan dengan lancar seperti apa yang sudah direncanakan.

Edi juga menambahkan bahwa sudah menjalankan progam vaksinasi untuk masyarakat Sumurboto. “Untuk vaksinasi lansia sudah selesai, untuk umum sebagian besar sudah vaksin,” tambahnya.

Edi berharap, dalam masa pemulihan setelah masa covid-19 kelurahan Sumurboto juga dapat memaksimalkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut, yang mana bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat.

Baca juga:  Tim Relawan Jadi Tulang Punggung Kelurahan Candi

“Untuk melakukan pemulihan tersebut, kami sudah melakukan pemberdayaan UMKM yang ada di kelurahan Sumurboto. Yang mana harap kami bisa memaksimalkan potensi masyarakat untuk menjalankan roda perekonomian,” ujarnya. (mg12/mg13/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya