alexametrics

Kelurahan Panggung Kidul Gerakkan Lumbung Pangan pada Jumat Berbagi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sejak awal pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Semarang telah mendorong adanya Lumbung Pangan. Program ini konsisten dijalankan Pemerintah Kelurahan Panggung Kidul, Kecamatan Semarang Utara.

Lurah Panggung Kidul Joni Jumala Ganif menggerakkan lumbung pangan pada kegiatan Jumat Berbagi. Dengan menentukan hari, kegiatan saling bantu dapat terlaksana  dengan lebih kondusif dan konsisten.

Terlebih, Jumat dipercaya sebagai hari penuh keberkahan. Sehingga keluarga dengan perekonomian menengah ke atas semakin termotivasi untuk bersedekah. Bahkan ia melihat hari ke hari semakin banyak donatur yang menyumbang. “Ada yang udah barang jadi, seperti beras, sayur, telur. Kalau ada yang ngasih tunai ya kami yang belanjakan,” katanya.

Baca juga:  Kelurahan Karangturi Unggulkan Keramahan Keluarga dan Anak

Joni mengatakan untuk memulai suatu gerakan, semua orang cenderung bersemangat. Namun menjaga konsistensi itu sulit dan menjadi tantangan bagi semua orang. Untuk itu Ia mencoba selalu hadir dalam Jumat Berbagi dan mengoordinasikan timnya.

Selain itu, ia juga mendukung 12 bayi stunting di kelurahannya untuk dapat sehat dan normal seperti anak-anak pada umumnya. Pihaknya rutin memberi asupan gizi tambahan setiap dua minggu sekali, seperti telur, susu, dan lainnya. “Anak-anak itu kami bantu selama tujuh kali. Sekarang tinggal enamnya yang masih stunting,” tuturnya.

Bisa dikatakan upayanya menekan jumlah bayi stunting sukses. Hingga kini ia masih mengusahakan agar sisa balita stunting dapat menyusul sehat dan tumbuh normal.

Baca juga:  Ikut Vaksin di Kelurahan Sekaran, dapat Doorprize

Di samping itu, untuk penanganan covid-19, pihaknya sudah memvaksin lebih dari 75 persen warganya. “Rencana kita door to door lagi kalau ada beberapa warga yang susah divaksin,” jelasnya.

Untuk menjamin keamanan kerja segenap perangkat kelurahan, ia mengadakan tes swab antigen secara berkala. Karantina, tracing, penyemprotan disinfektan juga berjalan sebagaimana mestinya. (taf/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya