alexametrics

Budayakan Gerimis dan Gemes Bojo di Kelurahan Karangayu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Semarang – Sejumlah program menarik dijalankan Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Timur selama pandemi. Program tersebut menemani sosialisasi protokol kesehatan pada masyarakat.

Lurah Karangayu Sutarti menjelaskan, sebelum pemerintah menerapkan PPKM Mikro, pihaknya sudah melakukan beberapa pembatasan terhadap aktivitas yang menimbulkan kerumunan. “Sehingga ketika PPKM Mikro diterapkan, masyarakat sudah tidak kaget lagi,” jelasnya.

Masyarakat juga diajak untuk menjaga Kesehatan. Demi meningkatkan imun tubuh. Ada Gerakan berjemur matahari di pagi hari. Gerakan ini disosialisasikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang Krisseptiana Hendrar Prihadi.

Selain berjemur, juga ada senam imun. Bersama bhabinkatibmas, babinsa, FKK, PKK, dan Karang Taruna, senam imun dilakukan setiap Sabtu dan Minggu yang diselingi dengan edukasi tentang prokes. Dengan rutin berolahraga, diharapkan masyarakat semakin sehat.

Baca juga:  Pelantikan Bupati dan Wali Kota Terpilih Digelar Virtual

Dijelaskan lebih lanjut, terdapat sinergitas yang dinamakan Trisula Karangayu. Terdiri dari lurah, bhabinkantibmas, dan babinsa yang selalu melakukan operasi PPKM di sela-sela kegiatan pelayanan di kelurahan. Mereka melakukan operasi masker, edukasi tentang protokol kesehatan, dan memberikan telur rebus beserta ramuannya. “Semua itu kami lakukan pagi, siang, dan malam dengan harapan masyarakat bisa mendapatkan nutrisi yang cukup,” katanya.

Program lain yang dijalankan di Karangayu adalah Gerimis (Gerakan Pemberian Nutrisi Ibu Hamil Hari Kamis). Gerakan tersebut dilakukan dengan cara mendampingi ibu hamil, melahirkan, dan menyusui selama pandemi dengan jemput bola. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan mereka bisa mendapatkan perhatian tentang kesehatannya.Selain itu, terdapat juga Gemes Bojo (Gerakan Menanam Tanaman Buah dan Sayur Hijau). Menanam buah dan sayur dilakukan untuk pemenuhan ketahanan pangan masyarakat Karangayu ketika pandemi.

Baca juga:  Kelurahan Kalibanteng Kidul Tanam Toga untuk Terajari

Saat ini pemerintah Kelurahan Karangayu juga fokus dalam usaha pemulihan ekonomi masyarakat. Salah satu potensi yang ada berupa pusat UMKM di Jalan Raya Anjasmoro. Pihak kelurahan menggandeng Unika Soegijapranata untuk mendampingi para pelaku UMKM.

Seperti pelatihan dan inovasi agar produk cepat laku dengan promosi melalui online. Jika ada kegiatan di kelurahan, pihaknya selalu memesan dari UMKM sekitar. “Kami mengimbau masyarakat untuk berbelanja di tetangga rumah,” katanya.

Kampung aneka usaha juga terus digerakkan. Bahkan saat ini terdapat dua UMKM baru, yakni pembuat kue dan cuci motor. “Mereka sudah berkembang, karena warga kami sarankan agar ke sana kalau ada cuci motor dan butuh kue,” katanya.

Baca juga:  Empat Pasien Covid-19 di Semarang Sembuh

Sutarti berencana membuka bazar di sekitar lapangan Karangayu. Kegiatan ini akan dipadukan dengan lomba anak-anak. “Otomatis bukan anaknya saja yang datang, orang tuanya pasti mengantarkan. Untuk itu, kami coba hidupkan UMKM di sana,” jelasnya. (fgr/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya