alexametrics

Manfaatkan Sampah sebagai Media Pembelajaran Matematika

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG—Proses pembelajaran matematika dapat secara optimal terlaksana jika guru dapat mentransfer ilmu kepada siswa dengan baik. Selain itu, guru juga dituntut untuk selalu berupaya mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya dalam mengajar.

Namun saat ini guru-guru MI Al Iman Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang yang semuanya guru kelas, mengeluhkan kurangnya keterampilan berhitung matematika para siswanya.

Seperti diketahui, matematika adalah ilmu yang mempunyai objek kajian yang abstrak. Sehingga siswa memerlukan media agar dapat memahami materi matematika yang abstrak tersebut.

Penggunaan media pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran matematika sudah bukan lagi hal yang baru.  Media pembelajaran matematika telah dirasakan memiliki banyak manfaat dalam membantu siswa mempelajari dan memahami berbagai konsep penting dalam matematika.

Baca juga:  Gelar Pameran, Mitsubishi Berikan Promo

Untuk itulah, Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas MIPA-Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang diketuai Dr Nuriana Rachmani Dewi N SPd MPd melakukan pendampingan terhadap guru-guru MI Al Iman Gunungpati. Nuriana bersama dua anggota Dr Mulyono MSi dan Adi Satrio Ardiansyah SPd MPd mengenalkan pemanfaatan sampah sebagai bahan dasar pembuatan media pembelajaran, khususnya untuk membantu meningkatkan keterampilan berhitung siswa.

“Diharapkan dengan media pembelajaran ini dapat meningkatkan kreativitas guru dalam rangka peningkatan mutu pendidikan, utamanya dalam mengatasi kesulitan dan kesalahan konsep yang ditemui dalam keterampilan berhitung pada mata pelajaran matematika,” ujar Nuriana kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dr Mulyono MSi menambahkan, pemanfaatan sampah sebagai media pembelajaran ini menguntungkan dari sisi ekonomis karena tidak harus mengeluarkan biaya.

Baca juga:  Cigna Pacu Lini Bisnis Digital

“Karena media pembelajaran ini menggunakan barang yang sudah tidak terpakai, namun masih dapat dimanfaatkan,” kata dosen yang juga Ketua Jurusan Matematika FMIPA Unnes ini.

Selain itu, lanjut dia, pemanfaatan sampah ini juga dimaksudkan untuk mengajak guru dan siswa untuk ikut serta dalam upaya konservasi sumber daya alam dan lingkungan. “Manfaat lainnya, produk media pembelajaran yang dihasilkan dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa,” tambahnya.

Diakui Nuriana, selama pendampingan, para guru terlihat antusias dan tertarik mengikuti semua rangkaian acara. Pihak  sekolah juga berharap kerja sama dengan Unnes ini bisa terus berkelanjutan.

“Kami mengucapkan terima kasih adanya pendampingan ini. Semoga kerja sama ini berlanjut untuk materi-materi matematika yang lain,” harap Kepala MI Al Iman Gunungpati Hj Sri Maryatun SPdI. (bis/aro)

Baca juga:  Sumbang 50 Ribu Masker untuk Pedagang dan Pengunjung Pasar Tradisional

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya